Bugar

Bisa Meredakan Gejala, Ini Minuman yang Cocok Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

Bisa Meredakan Gejala, Ini Minuman yang Cocok Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

MOMSMONEY.ID - Ada beberapa minuman pereda asam lambung yang bisa Anda coba untuk redakan gejala, lo.

Mengelola asam lambung yang tinggi bukan hanya tentang memilih makanan yang tepat, tapi juga minuman yang dapat membantu menenangkan dan mengurangi gejala. Bagi penderita asam lambung, memilih minuman yang tepat bisa jadi tantangan tersendiri.

Beberapa minuman tertentu dapat memicu peningkatan produksi asam lambung, sehingga memperburuk kondisi. Berikut ini adalah sederet minuman pereda asam lambung, melansir dari Medical News Today:

1. Air

Air merupakan elemen kunci dalam mendukung fungsi tubuh yang optimal, termasuk pencernaan. Memastikan hidrasi yang cukup bisa membantu dalam memperlancar proses pencernaan dan mengurangi kemunculan refluks asam setelah makan. Mengonsumsi air secara rutin setiap hari juga bermanfaat dalam membersihkan asam dari esofagus dan mengatasi batuk kronis yang terkait dengan GERD.

Baca Juga: Inilah Pengganti Gula yang Alami dan Sehat untuk Dikonsumsi, Cek Moms!

2. Teh Jahe

Jahe memiliki kemampuan untuk meredakan berbagai masalah pencernaan, termasuk refluks asam, perut kembung, dan dispepsia. Khasiatnya dalam mengurangi tekanan pada sfingter esofagus bawah dan mempercepat pengosongan isi perut bisa mengurangi peluang terjadinya kegagalan fungsi sfingter.

Dengan memastikan pengosongan perut yang cepat, jumlah asam lambung di saluran pencernaan atas pun berkurang. Mengonsumsi teh jahe bisa menjadi cara efektif untuk memasukkan jahe ke dalam menu sehari-hari, guna memberikan sensasi yang hangat dan menenangkan.

3. Jus Buah dan Sayuran

Meskipun jus buah yang sangat asam bisa mengiritasi dinding esofagus dan memperparah gejala refluks asam, buah dan sayuran dengan keasaman rendah memiliki komponen alami yang dapat mengurangi refluks asam.

Mengonsumsi buah dan sayuran ini baik dalam bentuk utuh maupun jus dapat membantu. Jus yang direkomendasikan termasuk jus lidah buaya, seledri, wortel, melon, dan semangka.

Baca Juga: Menu Masakan Tanpa Minyak untuk Buka Puasa, Moms Harus Coba!

4. Susu Rendah Lemak

Konsumsi makanan dan minuman tinggi lemak, seperti susu penuh lemak, dapat memperburuk gejala GERD. Oleh karena itu, susu rendah lemak dan susu nabati seperti susu almond bisa menjadi alternatif yang lebih baik. Susu almond khususnya, bersifat basa dan bisa membantu menetralkan asam lambung.

Nah, itulah beberapa minuman pereda asam lambung yang bisa dikonsumsi bagi penderita asam lambung. Memilih minuman yang tepat sangat penting bagi penderita asam lambung untuk mengelola gejala dan mencegah iritasi lebih lanjut. Semoga bermanfaat, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News