Bugar

Apakah Air Kelapa Bisa Menurunkan Darah Tinggi? Ini Jawabannya!

Apakah Air Kelapa Bisa Menurunkan Darah Tinggi? Ini Jawabannya!

MOMSMONEY.ID - Air kelapa terkenal akan manfaat hidrasinya dan kandungan elektrolitnya yang alami. Selain itu, banyak yang bertanya-tanya, apakah air kelapa bisa menurunkan darah tinggi atau tidak? Darah tinggi adalah kondisi yang mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia dan dikaitkan dengan risiko penyakit kardiovaskular.

Mengutip dari laman Cleveland Clinic, air kelapa tinggi kalium. Kalium berperan penting dalam membantu mengeliminasi kelebihan natrium dari tubuh melalui urine. Air kelapa telah diidentifikasi sebagai salah satu cara untuk menurunkan tekanan darah.

Studi telah menunjukkan potensi air kelapa dalam mengurangi tekanan darah bagi mereka yang mengalami hipertensi. Namun, bagi individu yang sedang menjalani pengobatan untuk tekanan darah tinggi, konsumsi air kelapa mungkin perlu dihindari karena dapat menyebabkan penurunan tekanan darah yang berlebihan.

Baca Juga: Manis dan Lezat, Intip Kandungan Nutrisi dan Manfaat Rambutan untuk Kesehatan

Penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menambahkan air kelapa ke dalam menu harian sebagai metode pengendalian tekanan darah. Selain itu, disarankan untuk menghindari konsumsi air kelapa dua minggu menjelang prosedur bedah apa pun untuk menghindari potensi pengaruh pada tekanan darah.

Tidak hanya efektif untuk turunkan darah tinggi, berikut adalah manfaat air kelapa untuk kesehatan lainnya.

1. Mendukung Hidrasi

Meskipun memiliki kesamaan dengan minuman olahraga, yang sering kali kaya akan gula tambahan dan perasa, air kelapa menawarkan pilihan yang lebih rendah kalori dan karbohidrat. Kandungan elektrolit seperti kalium, natrium, dan magnesium dalam air kelapa menjadikannya pilihan yang menarik untuk hidrasi, terutama setelah aktivitas fisik.

Baca Juga: Daftar Makanan Tinggi Lemak yang Tak Baik untuk Kesehatan Anda

2. Mencegah Batu Ginjal

Hidrasi adalah kunci utama dalam pencegahan batu ginjal. Air kelapa dapat berperan dalam diet seimbang untuk membantu membersihkan sistem Anda, berkat kandungan kalium, klorida, dan sitratnya yang dapat meningkatkan ekskresi melalui urine.

3. Mendukung Kesehatan Kulit

Air kelapa juga mungkin berkontribusi terhadap kulit yang lebih sehat, berkat sifat antimikroba yang bisa membantu melawan jerawat. Penelitian awal menunjukkan bahwa konsumsi air kelapa dapat mendukung sistem antioksidan tubuh dalam menetralkan efek radikal bebas.

Baca Juga: Si Manis yang Menyegarkan, Inilah Nutrisi dan Manfaat Air Tebu untuk Kesehatan

Demikianlah jawaban atas pertanyaan, apakah air kelapa bisa menurunkan darah tinggi atau tidak. Air kelapa memang terbukti efektif untuk menurunkan darah tinggi. Ini dapat dijadikan langkah alternatif yang sehat bagi penderita hipertensi untuk mengelola kondisi tersebut. Air kelapa kaya manfaat lainnya untuk kesehatan. Minuman ini sangat cocok dijadikan pilihan untuk menjaga kesehatan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News