Bugar

Aman dan Sehat, Ini Daftar Buah yang Boleh Dimakan Penderita Asam Lambung

Aman dan Sehat, Ini Daftar Buah yang Boleh Dimakan Penderita Asam Lambung

MOMSMONEY.ID - Apa saja buah yang boleh dimakan penderita asam lambung ya? Intip daftarnya berikut ini.

Penderita asam lambung harus selektif dalam memilih makanan mereka. Meskipun buah dianggap sebagai makanan yang sehat, tidak semua buah cocok untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

Sebab, tingkat keasaman tertentu dari buah yang bisa memperparah kondisi penderita asam lambung. Momsmoney telah merangkumkan sejumlah buah yang boleh dimakan penderita asam lambung sebagai berikut:

1. Pisang

Dikutip dari Livestrong, pisang merupakan buah alkali (non-asam) yang dapat membantu menyeimbangkan asam lambung. Pisang juga merupakan sumber serat yang baik dan dapat membantu mempercepat pencernaan serta mencegah penumpukan asam lambung.

Baca Juga: Hati-hati, Inilah Jenis Pisang yang Tidak Boleh untuk Penderita Asam Lambung

2. Melon

Melon memiliki kandungan air yang tinggi dan pH yang lebih tinggi. Ini membuatnya ideal untuk penderita asam lambung. Melon dapat membantu menetralkan asam lambung dan menyediakan rasa segar serta hidrasi tanpa risiko iritasi.

3. Semangka

Dikutip dari Dokter Sehat, semangka memiliki kandungan air yang tinggi dan rendah asam. Ini membuat semangka menjadi pilihan yang menyegarkan dan aman untuk penderita asam lambung.

Kandungan air yang tinggi di dalam semangka juga membantu pencernaan dan mengurangi frekuensi gejala asam lambung.

Baca Juga: Penderita Asam Urat Tidak Boleh Makan Apa? Ini 12 Daftar Pantangannya!

4. Pir

Buah pir memiliki kadar asam yang rendah dan merupakan sumber serat yang baik. Mengonsumsi pir dapat membantu menyerap kelebihan asam dalam perut dan mengurangi gejala refluks.

5. Apel

Apel adalah pilihan yang aman dan bisa dikonsumsi oleh orang yang memiliki GERD, menurut IFFGD. Meskipun tidak ada buah atau makanan tertentu yang dapat menyembuhkan refluks sepenuhnya, apel dianggap sebagai pilihan yang relatif aman untuk dikonsumsi.

Pilihlah apel merah yang telah matang dan hindari apel hijau karena rasanya lebih asam.

Baca Juga: Mengurangi Peradangan, Intip Khasiat Bengkuang untuk Asam Lambung!

6. Kurma

Buah kurma adalah pilihan yang baik untuk penderita asam lambung karena memiliki tingkat pH yang rendah. Konsumsi buah kurma tidak menyebabkan peningkatan produksi asam lambung.

7. Pepaya

Pepaya tidak hanya terkenal karena kemampuannya mengatasi sembelit, tetapi juga bisa membantu meredakan nyeri ulu hati yang sering terjadi pada penderita GERD.

Khasiat ini berasal dari enzim yang terkandung dalam pepaya, yang dikenal sebagai papain. Enzim ini mendukung proses pencernaan dan membantu mengurangi gejala yang berkaitan dengan asam lambung.

Baca Juga: Menilik Khasiat Madu untuk Asam Lambung serta Cara Konsumsinya

Itulah beberapa buah yang boleh dimakan penderita asam lambung. Selain memilih buah yang tepat untuk dikonsumsi, penting juga untuk mengetahui cara mengonsumsinya.

Mengonsumsi buah dalam porsi kecil dan menghindari makan besar sebelum tidur dapat membantu mengurangi gejala asam lambung. Selain itu, mengombinasikan buah dengan makanan lain yang ramah asam lambung juga bisa menjadi strategi yang efektif. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News