Bugar

Daftar Kopi yang Aman untuk Asam Lambung, Ada 6 Pilihan Terbaik

Daftar Kopi yang Aman untuk Asam Lambung, Ada 6 Pilihan Terbaik

MOMSMONEY.ID - Bagi pencinta kopi yang memiliki masalah dengan asam lambung, menemukan kopi yang tidak memicu gejala bisa menjadi tantangan. Namun, ada beberapa jenis kopi yang aman untuk asam lambung, lo. Apa sajakah itu?

Berikut telah Momsmoney rangkumkan enam pilihan kopi yang aman untuk asam lambung terbaik yang dapat Anda jadikan pilihan:

1. Kopi Luwak

Kopi luwak dihasilkan dari biji kopi yang telah dicerna dan diekskresikan oleh luwak. Proses pencernaan alami ini mengurangi beberapa komponen kimia dalam biji, termasuk asam.

Dengan demikian, kopi luwak memiliki tingkat keasaman yang lebih rendah dan cocok untuk individu dengan sensitivitas asam lambung.

Baca Juga: Jam Makan yang Baik untuk Penderita Asam Lambung, Cek di Sini yuk

2. Kopi Dark Roast

Kopi dark roast dipanggang lebih lama pada suhu tinggi, sehingga menghasilkan rasa yang lebih dalam dan kaya. Proses pemanggangan yang lebih intens ini diyakini mengurangi komponen asam dalam kopi.

Kopi dark roast, dengan kadar asam yang lebih rendah, merupakan pilihan yang lebih aman untuk lambung.

3. Kopi Chicory

Kopi chicory dibuat dari akar sawi putih yang dipanggang dan digiling, menawarkan rasa yang mirip dengan kopi tetapi tanpa kafein.

Melansir laman Cleveland Clinic, kopi chicory tidak mengandung kafein dan tidak memiliki efek stimulasi pada lambung. Ini membuatnya menjadi pilihan yang baik bagi penderita asam lambung.

Baca Juga: 17 Makanan Penurun Gula Darah yang Layak Dicoba, Penderita Diabetes Catat ya!

4. Espresso

Espresso memiliki kadar asam yang relatif lebih rendah dibandingkan metode penyeduhan lain seperti drip atau pour-over, karena proses ekstraksinya yang cepat memungkinkan lebih sedikit asam terlarut dalam minuman.

Oleh karena itu, espresso menjadi pilihan yang baik bagi penderita asam lambung. Selain itu, espresso biasanya disajikan dalam porsi kecil, yang membatasi jumlah kopi yang dikonsumsi.

5. Cold Brew

Berbeda dengan metode penyeduhan kopi tradisional yang menggunakan air panas, cold brew menggunakan air dingin dan membiarkannya meresap selama 12-24 jam.

Proses ini cenderung menghasilkan kopi dengan kadar asam yang lebih rendah. Cold brew menjadi pilihan yang tepat bagi penderita asam lambung dan dapat disesuaikan dengan berbagai jenis biji kopi untuk menyesuaikan dengan preferensi rasa.

Baca Juga: 10 Makanan Pemicu Asam Lambung yang Sebaiknya Anda Hindari, Apa Saja?

6. Kopi Dekafein

Melansir dari laman Hello Sehat, kopi dekafein mengalami proses penghilangan sebagian besar kafeinnya dan biasanya mengandung sekitar 3% kafein.

Karena kandungan kafeinnya yang rendah, kopi ini memiliki risiko yang lebih rendah untuk menyebabkan gangguan asam lambung. Kopi dekafein menjadi alternatif yang baik bagi mereka yang sensitif terhadap kafein.

Nah, itulah beberapa rekomendasi kopi yang aman untuk asam lambung. Meskipun memiliki riwayat asam lambung, Anda tetap dapat mengonsumsi kopi dengan terukur, misalnya hanya minum kopi 2 hingga 3 kali per minggu.

Hindari penambahan gula, susu, atau krim ke dalam kopi, karena ini dapat memperparah kondisi asam lambung. Untuk penderita asam lambung, disarankan untuk minum kopi setelah makan, karena mengonsumsi kopi saat perut kosong dapat memicu timbulnya gejala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News