Bugar

Masih Boleh Makan Seafood, Ini 5 Ikan yang Aman Dikonsumsi Penderita Kolesterol

Masih Boleh Makan Seafood, Ini 5 Ikan yang Aman Dikonsumsi Penderita Kolesterol

MOMSMONEY.ID - Rupanya tidak semua seafood adalah pantangan penderita kolesterol lo. Berikut ini ada beberapa ikan yang aman dikonsumsi penderita kolesterol. Apa saja kira-kira?

Konsumsi ikan sebagai bagian dari pola makan sehat telah lama dipromosikan oleh para ahli gizi. Ikan kaya akan protein berkualitas tinggi, rendah lemak jenuh, dan mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung.

Bagi mereka yang menderita kolesterol tinggi, memilih ikan yang tepat menjadi penting untuk menjaga keseimbangan nutrisi dan menghindari makanan yang dapat memperburuk kondisi.

Melansir dari Medical News Today, berikut adalah lima jenis ikan yang aman dikonsumsi penderita kolesterol:

Baca Juga: Terbukti Efektif! Ini Obat Herbal untuk Menurunkan Kolesterol yang Patut Dicoba

1. Salmon

Salmon seringkali menjadi pilihan utama bagi mereka yang ingin meningkatkan asupan omega-3 mereka. Asam lemak omega-3 dalam salmon dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan meningkatkan kadar kolesterol HDL.

Selain itu, salmon juga kaya akan protein berkualitas tinggi dan nutrisi penting lainnya seperti vitamin D dan selenium.

2. Sarden

Sarden merupakan sumber protein yang baik dan rendah lemak jenuh. Mereka juga mengandung asam lemak omega-3 dalam jumlah yang cukup tinggi.

Karena ukurannya yang kecil, sarden cenderung memiliki tingkat akumulasi merkuri yang lebih rendah dibandingkan dengan ikan yang lebih besar seperti salmon dan tuna.

Konsumsi sarden dalam kaleng yang mengandung minyak zaitun juga bisa memberikan manfaat tambahan dari kandungan antioksidan dalam minyak zaitun.

Baca Juga: Ketahui Makanan yang Dilarang untuk Kolesterol, Udang Termasuk!

3. Trout

Trout adalah ikan air tawar yang kaya akan nutrisi dan rendah lemak. Seperti salmon, trout juga mengandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi trout secara teratur dapat membantu menurunkan kadar trigliserida dalam darah, yang merupakan faktor risiko kolesterol tinggi.

4. Mackerel

Mackerel adalah ikan berlemak yang kaya akan asam lemak omega-3. Meskipun kandungan lemaknya cukup tinggi, sebagian besar adalah lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan jantung.

Mackerel juga mengandung sejumlah besar vitamin D, yang dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: 3 Resep Olahan Alpukat untuk Menurunkan Kolesterol, Mau Coba?

5. Cod

Cod atau kod merupakan sumber protein tinggi yang rendah lemak dan rendah kalori. Meskipun kadar asam lemak omega-3 dalam cod tidak sebanyak ikan lain seperti salmon, tetapi tetap memberikan manfaat untuk kesehatan jantung.

Cod juga mengandung vitamin B12, selenium, dan fosfor, yang semuanya penting untuk fungsi tubuh yang optimal.

Demikianlah beberapa jenis ikan yang aman dikonsumsi penderita kolesterol. Meskipun ikan-ikan ini dianggap aman dikonsumsi oleh penderita kolesterol, tetaplah penting untuk memperhatikan cara memasaknya.

Hindari mengolah ikan dengan cara digoreng atau menggunakan saus berlemak tinggi yang dapat meningkatkan kandungan lemak jenuh dan kolesterol dalam hidangan Anda.

Lebih baik memilih cara memasak yang sehat seperti dikukus, dipanggang, atau direbus dengan tambahan rempah-rempah dan bumbu alami untuk meningkatkan rasa tanpa meningkatkan lemak dan kolesterol.

Dengan memasukkan ikan-ikan ini ke dalam pola makan seimbang, penderita kolesterol dapat tetap menikmati manfaat gizi dari seafood tanpa meningkatkan risiko kesehatan mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News