Bugar

Ada 5 Manfaat Konsumsi Ikan Belut, Mulai Kesehatan Otak hingga Jantung

Ada 5 Manfaat Konsumsi Ikan Belut, Mulai Kesehatan Otak hingga Jantung

MOMSMONEY.ID. Simak manfaat konsumsi ikan belut untuk kesehatan jantung. Jenis ikan ini mudah ditemui di Indonesia karena bisa berkembang biak di wilayah persawahan.

Ikan belut adalah jenis ikan air tawar yang memiliki bentuk tubuh yang panjang dan ramping, serta kulit yang licin dan berlendir.

Ikan ini termasuk dalam kelompok ikan anguilliformes dan sering ditemui di perairan air tawar, sungai, dan rawa-rawa di berbagai belahan dunia.

Khasiat kesehatan ikan belut telah dikaitkan dengan kandungan nutrisi tertentu. Namun, penting untuk diingat bahwa penelitian ilmiah yang berkaitan dengan manfaat kesehatan ikan belut masih terbatas dan tidak semuanya telah terbukti dengan pasti.

Baca Juga: 3 Manfaat Makan Sushi untuk Kesehatan

 Belut

Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan sebelum mengonsumsi ikan belut atau produk berbahan dasar ikan belut:

  • Alergi: Beberapa orang mungkin alergi terhadap ikan, termasuk ikan belut. Jika Anda memiliki riwayat alergi terhadap ikan, sebaiknya hindari mengonsumsi ikan belut.
  • Kontaminasi lingkungan: Beberapa perairan di mana ikan belut hidup mungkin terkontaminasi oleh polutan atau bahan kimia berbahaya. Oleh karena itu, penting untuk memilih ikan yang berasal dari sumber yang aman dan terhindar dari kontaminasi.
  • Persiapan makanan yang aman: Pastikan ikan belut dimasak dengan benar untuk menghindari risiko infeksi bakteri atau parasit.

Tercatat, ada beberapa penelitian mengenai konsumsi ikan belut yang bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Selain itu, ikan belut mengandung banyak vitamin seperti ikan laut pada umumnya. Sehingga, dapat dipercaya sebagai makanan pemenuhan gizi penting.

Untuk itu, beberapa manfaat konsumsi ikan belut untuk kesehatan berikut ini dilansir dari Andra Farm.

Baca Juga: Jadi Sampingan, Budidaya Jamur Beromzet Belasan Juta

Sederet manfaat konsumsi ikan belut

1. Sumber Protein

Ikan belut mengandung protein yang penting untuk pembentukan dan perbaikan jaringan tubuh, termasuk otot dan kulit.

2 .Kandungan Asam Lemak Omega-3

Kandungan nutrisi Omega-3 adalah jenis asam lemak tak jenuh yang ditemukan dalam ikan berlemak. Meskipun kandungan omega-3 dalam ikan belut tidak sebanyak ikan laut, ini tetap mengandung sejumlah kecil omega-3 yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan fungsi otak.

3. Sumber Mikronutrien

Ikan belut juga mengandung berbagai mikronutrien seperti vitamin B kompleks (seperti B12 dan B6), vitamin A, vitamin E, dan mineral seperti fosfor.

4. Kesehatan Jantung

Dengan kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan belut bisa membantu menjaga kesehatan jantung. Hal ini terkait dengan nutrisi untuk mendukung penurunan risiko penyakit jantung,

Selain itu, omega-3 juga dapat mengurangi peradangan dan mempengaruhi tekanan darah dan kadar kolesterol.

5. Kesehatan otak

Kandungan tembaga hingga kalsium pada ikan belut juga membantu otak untuk tetap fokus dan berkonsentrasi. Selain itu, kandungan niasin juga menunjang kesehatan saraf.

Nah, Anda bisa mengolah ikan belut dengan hidangan yang sederhana seperti digoreng maupun ditumis beserta sayuran lainnya.

Sebelum mengubah atau menambahkan makanan dalam diet Anda, termasuk ikan belut, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli gizi atau dokter, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan khusus atau kekhawatiran tertentu.

Demikian beberapa informasi terkait manfaat konsumsi ikan belut untuk kesehatan jantung hingga otak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News