Bugar

Menilik Manfaat Buah Kiwi, Dapat Memelihara Kesehatan Jantung!

Menilik Manfaat Buah Kiwi, Dapat Memelihara Kesehatan Jantung!

MOMSMONEY.ID - Apa saja manfaat buah kiwi? Buah kiwi memiliki citarasa asam manis yang khas dan tekstur daging buah yang unik. Tidak hanya segar untuk dinikmati tetapi juga menyimpan segudang manfaat kesehatan, khususnya untuk jantung. Kiwi kaya akan vitamin C, vitamin E, serat, dan antioksidan yang berperan penting dalam memelihara kesehatan kardiovaskular.

Melansir dari Medical News Today, di bawah ini adalah beberapa manfaat buah kiwi untuk kesehatan:

1. Menyehatkan kulit

Kiwi merupakan sumber vitamin C yang kaya, yang sangat penting untuk produksi kolagen, protein yang memberikan kekuatan dan elastisitas pada kulit. Kolagen membantu menjaga kulit tetap kenyal dan muda, serta mempercepat proses penyembuhan luka.

Sebuah studi pada tahun 2019 menemukan bahwa suplemen kolagen dapat meningkatkan elastisitas kulit, namun konsumsi vitamin C alami dari kiwi juga berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit.

Dengan menyediakan 64mg vitamin C per buah (sekitar 71-85% dari kebutuhan harian), kiwi juga membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dengan kandungan vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan.

Baca Juga: 3 Resep Olahan Alpukat untuk Menurunkan Kolesterol, Mau Coba?

2. Memelihara kesehatan jantung

Kiwi kaya akan serat, kalium, dan antioksidan yang semuanya berkontribusi terhadap kesehatan jantung. American Heart Association merekomendasikan peningkatan asupan kalium sambil mengurangi natrium untuk menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

215mg kalium dan 2g serat per buah kiwi dapat membantu dalam manajemen tekanan darah dan mendukung profil lipid yang lebih sehat, serta menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Mencegah batu ginjal

Asupan kalium yang tinggi dari kiwi dapat berperan dalam mencegah pembentukan batu ginjal. Kalium membantu mengurangi pembentukan kristal kalsium dalam urin yang bisa berkembang menjadi batu ginjal. Dengan mengonsumsi kiwi yang kaya kalium, risiko terbentuknya batu ginjal dapat diminimalisir serta menjaga kesehatan ginjal tetap optimal.

Baca Juga: Khasiat Manggis untuk Kesehatan, Bisa Mengontrol Gula Darah

4. Mencegah kanker

Kiwi mengandung berbagai antioksidan yang dapat membantu melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas, sehingga mengurangi risiko kerusakan DNA yang dapat menyebabkan kanker. Penelitian juga menunjukkan bahwa diet tinggi serat, terutama dari buah dan sereal, dapat mengurangi risiko kanker kolorektal.

Serat dalam kiwi tidak hanya mendukung kesehatan pencernaan tetapi juga dapat berperan dalam pencegahan kanker.

5. Mencegah sembelit

Kiwi terbukti meningkatkan retensi air di usus kecil, yang membantu memfasilitasi buang air besar yang lebih sering dan dengan konsistensi yang lebih lembut. Penelitian pada tahun 2019 menunjukkan bahwa kiwi bisa menjadi alternatif alami untuk mengatasi sembelit ringan dan membantu meningkatkan kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

Baca Juga: Mengenal Manfaat Buah Bit yang Bisa Menurunkan Darah Tinggi dan Gula Darah

6. Menyehatkan tulang

Kiwi juga kaya akan vitamin K, kalsium, dan fosfor, semua nutrisi penting untuk mendukung kesehatan tulang dan pencegahan osteoporosis. Vitamin K khususnya penting untuk proses pembekuan darah serta pemeliharaan kekuatan tulang. Konsumsi kiwi dapat membantu memastikan asupan nutrisi yang cukup untuk menjaga tulang tetap kuat dan sehat.

Dengan semua manfaat ini, tidak mengherankan jika kiwi dianggap sebagai superfood untuk kesehatan jantung. Konsumsi kiwi secara teratur, bersama dengan gaya hidup sehat dan diet seimbang, dapat membantu menjaga jantung Anda berfungsi dengan baik dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Jadi, mengapa tidak menambahkan buah kecil yang kaya manfaat ini ke dalam menu harian Anda dan mulai merasakan perbedaannya pada kesehatan jantung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News