Bugar

Macam-Macam Khasiat Rebusan Daun Salam untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

Macam-Macam Khasiat Rebusan Daun Salam untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Apa saja khasiat rebusan daun salam untuk kesehatan tubuh? Yuk, intip macam-macam khasiatnya di sini!

Daun salam dikenal sebagai bumbu dapur yang memberikan aroma khas pada masakan. Namun, tak banyak yang tahu bahwa daun salam juga memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan tubuh, terutama ketika direbus dan diminum sebagai teh herbal.

Rebusan daun salam telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional, karena kandungan nutrisi dan senyawa aktifnya yang memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan.

Baca Juga: Penyebab Gula Darah Naik dan Faktor Risikonya, Intip Ulasannya di Sini!

Menyadur dari laman Alodokter, inilah khasiat rebusan daun salam untuk kesehatan tubuh:

1. Menjaga Kadar Gula Darah

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi ekstrak daun salam secara rutin dapat membantu menurunkan dan mengontrol kadar gula darah, terutama bagi penderita diabetes. Khasiat ini berasal dari kandungan polifenol di dalamnya.

2. Menurunkan Kolesterol

Daun salam dapat membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Kandungan flavonoid dan serat dalam daun salam berperan penting dalam memberikan manfaat ini.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Daun salam dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Manfaat ini berasal dari kandungan vitamin A, B6, C, dan zinc yang berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh.

Baca Juga: Gula Darah Rendah Harus Makan Apa? Cek Daftarnya Berikut Ini

4. Mencegah Batu Ginjal

Ekstrak daun salam terbukti membantu mencegah terbentuknya batu ginjal dengan cara mengurangi jumlah enzim urease, yang bila berlebihan bisa menyebabkan batu ginjal.

5. Mencegah Kanker

Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun salam memiliki potensi dalam mencegah perkembangan kanker, terutama kanker payudara dan kanker kolorektal.

Manfaat ini berkat kandungan antioksidan yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

6. Mencegah Serangan Jantung

Dengan kandungan antioksidan dan serat, daun salam membantu menurunkan kadar gula darah dan kolesterol, sehingga risiko penyakit jantung dan kardiovaskular dapat dikurangi.

Baca Juga: Apakah Jalan Kaki 1 Jam Setiap Hari Bisa Menurunkan Berat Badan? Ini Faktanya

7. Mengatasi Sakit Perut

Serat dalam daun salam membantu menjaga kesehatan pencernaan. Rebusan daun salam sering digunakan untuk meredakan sakit perut, perut kembung, dan masalah pencernaan lainnya.

8. Mempercepat Penyembuhan Luka

Kandungan flavonoid dan tannin dalam daun salam membantu mengurangi peradangan di sekitar luka, sehingga proses penyembuhan luka dapat berjalan lebih cepat.

9. Mencegah Osteoporosis

Magnesium dalam daun salam berperan penting dalam menjaga kepadatan tulang, mencegah osteoporosis, serta mendukung fungsi saraf dan otot agar berjalan normal.

Baca Juga: 14 Tips Sehat dan Bugar di Usia 30 Tahun ke Atas, Bisa Bantu Panjang Umur lo

10. Mencegah Pikun

Antioksidan dalam daun salam membantu melawan stres oksidatif yang dapat merusak sel-sel otak dan menyebabkan penurunan kemampuan kognitif, seperti pikun. Daun salam bisa membantu menjaga kesehatan otak dan daya ingat.

Selain itu, daun salam juga sering digunakan untuk meredakan hidung tersumbat dan nyeri sinusitis.

Itulah beberapa khasiat rebusan daun salam untuk kesehatan tubuh. Meskipun khasiat daun salam ini cukup menjanjikan, perlu diingat bahwa beberapa klaim masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Tonton: Cara Membuat Ramuan Jahe Merah untuk Obati Asam Urat Info Sehat

Selanjutnya: Inilah Ciri-Ciri Asam Urat di Usia Muda dan Penyebabnya yang Harus Diwaspadai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News