Keluarga

Lantai Atas Selalu Panas? Begini Cara Meningkatkan Sirkulasi Udara Supaya Sejuk!

Lantai Atas Selalu Panas? Begini Cara Meningkatkan Sirkulasi Udara Supaya Sejuk!

MOMSMONEY.ID - Jika di lantai atas rumah Anda selalu panas, begini cara meningkatkan sirkulasi udara di rumah supaya sejuk!

Pada rumah bertingkat, umumnya lantai atas selalu lebih panas dibanding lantai bawah. Sehingga bagi Anda yang punya kamar di atas ini tentu mengganggu. 

Menggunakan AC bisa jadi membantu. Namun di sisi lain ini bisa meningkatkan pengeluaran listrik. Melansir Better Homes and Gardens ini cara alami membuat sirkulasi udara di lantai atas lebih sejuk!

Baca Juga: Berikut Syarat Kredit Motor di BCA

Biasanya kita akan membuka semua jendela dan pintu. Namun ada cara lain untuk meningkatkan sirkulasi udara supaya lebih sejuk. 

Gunakan kipas angin langit-langit
Kipas angin terutama kipas angin yang dipasang di langit-langit adalah solusi yang bagus meningkatkan sirkulasi udara. Kipas angin juga lebih hemat listrik untuk menghilangkan udara panas di dalam rumah. 

Meski kipas tidak bisa membuat udara dingin, mereka bisa menyebar udara panas dan mendorongnya keluar. Sehingga memberikan efek sejuk di dalam rumah. 

Atur perabotan di lantai atas
Penempatan perabotan bisa sangat berpengaruh pada sirkulasi udara. Perabotan besar seperti sofa bisa menghalangi sirkulasi udara. Jadi letakkan perabotan ini jauh dari ventilasi, jendela atau pintu. Beri jarak antara perabotan dengan dinding untuk ruang bagi udara bergerak. 

Baca Juga: Apakah Bihun Bagus untuk Diet Tubuh? Simak Kalorinya di Sini

Bersihkan ventilasi
Untuk membuat lantai atas rumah Anda lebih sejuk, pastikan ventilasi selalu bersih dan tidak terhalang apapun. Jika ventilasi kotor dan terhalang maka udara akan sulit bergerak keluar dan tentu membuat udara di dalam rumah jadi kotor. 

Gunakan exhaust
Gunakan exhaust di area yang lembab seperti kamar mandi dan dapur di lantai atas untuk menghilangkan udara panas dan lembab dari dalam rumah. Nyalakan exhaust saat dan setelah masak atau mandi. 

Selanjutnya: Simak Cara Mencegah Lebah Masuk ke Rumah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News