Keluarga

Perhatikan! Begini Cara Mengusir Lalat dari Rumah

Perhatikan! Begini Cara Mengusir Lalat dari Rumah

MOMSMONEY.ID - Lalat adalah serangga yang tidak menggigit namun berbahaya karena bisa menyebarkan penyakit. Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk mengusir lalat dari rumah?

Melansir Real Simple, apabila rumah Anda mendapat serangan lalat, maka lakukan cara ini untuk mengusirnya dan mencegah lebih banyak lalat yang berkerumun. 

Untungnya, ada cara yang aman dan alami untuk mencegah dan mengusir lalat dari rumah. 

Baca Juga: Resep Chicken Karaage Rice Bowl Bergizi Dilengkapi 5 Jenis Sayuran

Apa yang menyebabkan banyak lalat di rumah? 

Lalat bisa menyebarkan pentyakit pada manusia karena mereka membawa patogen pada tubuh dan fesesnya. Mereka juga bisa menyebarkan penyakit melalui makanan yang mereka hinggapi.

Oleh karena itu, penting untuk menyingkirkannya. Untuk tahu cara mengusir lalat dengan efektif, Anda harus tahu apa yang menyebabkan mereka masuk ke rumah Anda. Ini alasannya.

Makanan

Lalat tertarik dengan makanan yang membusuk dan yang berbau amis seperti daging. Ini termasuk sisa makanan, sampah, kotoran dan bahan organik yang membusuk.

Tempat sampah yang tidak tertitip, kotoran hewan peliharaan dan kompos bisa menarik lalat dan bertelur di daerah sanitasi yang buruk. 

Baca Juga: Sempat Diretas, KAI Commuter Pastikan Database Pengguna Aman

Tempat berkembang biak

Lalat bertelur di bahan organik yang lembab seperti sampah, pupuk kandang, kompos atau tumbuhan yang membusuk.

Jika rumah Anda dekat dengan tempat seperti peternakan, tempat pembuangan sampah atau rumah jagal maka tak heran mereka suka masuk ke dalam rumah. 

Rumah yang terbuka

Lalat suka masuk ke dalam rumah melalui jendela atau pintu serta lubang lainnya yang tidak tertutup rapat untuk mencari makanan atau kehangatan. 

Cara tepat mengusir lalat

Jika Anda memiliki masalah dengan lalat, ada banyak cara untuk mengusirnya. Kabar baiknya, Anda bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah. 

Cuka apel & sabun cuci piring

Gunakan sabun cuci piring dan cuka ari apel dengan perbandingan 1:1. Kemudian taburkan gula di atasnya untuk memikat lalat. Larutan ini akan membunuh lalat. 

Baca Juga: Sarapan Pagi Bisa Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2 Sebesar 59%, Ini Kata Peneliti

Herbal penolak lalat

Taruhlah tanaman herbal di dekat pintu masuk rumah Anda. Bisa menggunakan kemangi, daun mint dan daun salam. 

Minyak esensial

Gunakan minyak atsiri dari tumbuhan seperti lavender, peppermint, kayu putih dan serai. Minyak ini bisa digunakan untuk mengusir lalat. 

Gunakan kertas lalat 

Kertas lem lalat dan penjebak lalat adalah cara mudah menjebak dan membunuh lalat di rumah. Letakkan kertas lem ini dekat di mana biasanya lalat berkumpul.

Demikian informasi cara mengusir lalat masuk ke dalam rumah. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Selanjutnya: Asia Stocks Hit 27-Month Top, Dollar Slips on Rate Cut Talk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News