Santai

Langkah Mendukung Pelaku UMKM dari Alfamidi

Langkah Mendukung Pelaku UMKM dari Alfamidi

MOMSMONEY.ID – Dalam mendukung ekonomi dan sosial, PT Midi Utama Indonesia Tbk tidak hanya focus pada bisnis ritel, namun juga pada pemberdayaan sosial, ekonomi, dan lingkungan.

Sebagai wujud nyata, memasuki usia ke-18, Alfamidi mendukung pertumbuhan ekonomi lokal, Alfamidi membuka akses bagi lebih dari 900 produk UMKM untuk dipasarkan di jaringan gerai.  Direktur Alfamidi Afid Hermeily menyampaikan usia 18 tahun menjadi momen reflektif sekaligus langkah awal menuju masa depan yang lebih berdampak.

Selain itu, di unit bisnis, terdapat 2.486 gerai Alfamidi tersebar di seluruh Indonesia. Sebagai bentuk inovasi menjawab kebutuhan pelanggan, Alfamidi memperkenalkan “Ja-Di”, booth yang menyediakan berbagai pilihan jus, kopi dan es krim dilengkapi dengan camilan lokal. Saat ini sudah 266 booth yang tersebar di berbagai cabang Alfamidi.

Tak hanya mendukung UMKM, dalam peduli lingkungan hidup, Alfamidi telah menanam 18.950 bibit pohon yang tersebar di Sumatera Utara, Banten, Jawa Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara dan Maluku. 

Baca Juga: Tokopedia dan TikTok Shop Edukasi UMKM Soal KI Lewat Kampanye #JualanNyaman

Selanjutnya, program Kampung Merdeka Alfamidi telah berjalan di cabang Bitung, Medan, Palu, Manado, dan Kendari dengan melibatkan lebih dari 740 nasabah bank sampah. Lewat program ini Alfamidi mendorong praktik pengelolaan sampah yang berkelanjutan di masyarakat.

Alfamidi juga telah mengoperasikan energi terbarukan, Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dengan total kapasitas 2.607 kWp di 27 lokasi meliputi kantor cabang dan berbagai gerainya. Dari pengoperasian PLTS, Alfamidi berhasil mengurangi 1.036,58 ton emisi karbon dioksida setara dengan penyerapan karbon dioksida oleh sekitar 1.214 pohon. 

Terus Bertransformasi 

Transformasi digital juga menjadi fokus utama, Alfamidi memiliki lebih dari 6,4 juta member dan lebih dari 1,8 juta di antaranya member digital. Dari layanan belanja digital Midi Kriing terdapat lebih dari 2,8 juta transaksi. 

Perusahaan juga berkomitmen terhadap keberagaman, kesetaraan dan inklusi. Program Alfability sebagai bentuk inklusi telah memberi kesempatan kerja 309 penyandang disabilitas, membuktikan keterbatasan bukan penghalang untuk berkarya.

Baca Juga: Tokopedia dan TikTok Shop Edukasi UMKM Soal KI Lewat Kampanye #JualanNyaman

Selanjutnya: Harga Emas Dunia Menguat ke US$3.348 Senin (18/8), Saat Imbal Hasil Obligasi AS Turun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News