MOMSMONEY.ID - Aloshop e-commerce enabler asal Indonesia menghadirkan solusi bagi UMKM untuk bisa naik kelas.
Strategi tersebut dinamakan Blue Ocean Strategy, Aloshop menciptakan pasar baru dan memberikan solusi bagi bisnis yang ingin masuk ke ranah e-commerce tanpa harus membangun infrastruktur sendiri. Hal ini dapat mendukung UMKM untuk segera naik kelas karena mendapatkan akses pembiayaan proses jual beli yang lebih mudah.
Jessica Hendrawidjaja, CIO (Chief Innovation Officer) Shipper Group dan Aloshop Indonesia menyatakan strategi Aloshop tersebut bisa mendukung pembangunan berkelanjutan yang terintegrasi bagi UMKM melalui Shipper Group, perusahaan akselerator bisnis logistik digital 4PL yang juga menyediakan jasa e-commerce enabler.
Strategi tersebut juga hadir sebagai solusi bagi pelaku usaha untuk menyederhanakan proses operasional mereka menjadi terintegrasi dalam satu layanan platform untuk mengakselerasi sistem penjualan, packaging, hingga shipping, yang dapat mempermudah proses hilirisasi industri dan transportasi yang lebih efisien.
"Melalui strategi Aloshop, UMKM dapat berkontribusi nyata untuk negara dengan memperoleh pendapatan yang semakin meningkat dan mandiri secara bisnis hingga berhasil menghadirkan lapangan kerja baru,"kata Jessica dalam keterangan tertulis, Senin (3/3).
Sekedar informasi, Aloshop memiliki misi untuk menangkap peluang dari berbagai tantangan yang dihadapi UMKM, Aloshop selalu ingin hadir sebagai partner sekaligus solusi end-to-end e-commerce enabler, dengan memfasilitasi beragam solusi mulai dari pemasaran sampai ke operasional logistiknya.
Baca Juga: 3thre_brothers Ubah Hobi Jadi Penghasilan bersama YouTube Shopping Affiliates
Sejak didirikan pada tahun 2023 hingga kini, Aloshop telah mendukung ratusan brand lokal dari berbagai industri di Indonesia, yakni brand lokal dari skala UMKM hingga ke level enterprise, dalam mengoptimalkan penjualan di berbagai marketplace.
Melalui layanan terpadu yang mencakup operasional, digital marketing, dan live commerce, Aloshop membantu brand meningkatkan visibilitas, mempercepat pertumbuhan, serta memaksimalkan potensi bisnis mereka di ekosistem digital yang terus berkembang.
Dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif, pada tahun 2024 lalu, melalui ‘WiraMuda Academy’, program kerjasama Kemenpora dengan Kemendikbudristek, Aloshop berpartisipasi penuh dengan mengelola seluruh peserta terpilih dalam WiraMuda Academy sepanjang tahun 2024.
Melalui kolaborasi multi-stakeholder, terutama dalam melibatkan pelaku UMKM, Aloshop terlibat langsung dalam membangun masa depan pendidikan bisnis online di Indonesia. WiraMuda Academy, dapat diartikan sebagai sebuah guide (bimbingan) untuk live commerce (penjualan online).
Pengembangan kompetensi peserta WiraMuda Academy khususnya pada live commerce dapat diibaratkan seperti pertarungan besar dalam pertunjukan kehidupan dan kita semua adalah pemeran utama yang siap bersaing.
Kedepannya, Aloshop sangat siap mendukung program Kementerian UMKM dalam programnya untuk mengaktivasi peran perguruan tinggi dalam pengembangan UMKM sebagai motor penggerak ekonomi nasional.
Baca Juga: Makin Masif Digunakan, Begini Implementasi AI di Sektor E-Commerce Indonesia
Terlebih melalui program WiraMuda Academy sebelumnya, Aloshop secara tidak langsung sudah memiliki playbook dalam mendukung pertumbuhan Generasi Emas 2045 melalui pendidikan bisnis online.
Program di Aloshop dirancang khusus untuk melatih kompetensi para generasi muda Indonesia di industri secara konkret, khususnya untuk mengasah kemampuan mereka yang tidak dipelajari dalam ruang kelas seperti: kepemimpinan, keterampilan berpikir taktis dalam mengambil risiko, hingga bekerjasama dengan tim dalam project di dunia profesional.
Program ini menunjukkan bagaimana dunia digital memiliki peran penting dalam mempengaruhi pertumbuhan perekonomian di Indonesia. Terlebih sektor e-commerce dan live commerce Indonesia adalah yang terbesar di ASEAN.
Terakhir, Aloshop juga selalu siap untuk berkontribusi langsung dalam berbagai program pemerintah lainnya untuk UMKM dalam berbagai aplikasi seperti, 'Naksir UMKM' dari Kementerian BUMN untuk mengidentifikasi profil UMKM dan memberikan pendampingan yang sesuai dan aplikasi 'Master Bagasi' dari Kementerian Perdagangan untuk memperkuat ekspor produk asli Indonesia atau untuk memasarkan produk UMKM ke pasar global.
Selanjutnya: Hasil Lengkap Undian Perempat Final Piala FA, Siapa Paling Berpeluang jadi Juara?
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News