Keluarga

Lampu untuk Kamar Mandi Berapa Watt ya? Begini Cara Menentukannya!

Lampu untuk Kamar Mandi Berapa Watt ya? Begini Cara Menentukannya!

MOMSMONEY.ID -  Lampu untuk kamar mandi berapa watt ya? Yuk simak penjelasannya di bawah ini sebelum membeli lampu baru!

Tentu Moms pernah bertanya-tanya lampu untuk kamar mandi butuh berapa watt ya? Untuk menjawab pertanyaan ini Moms perlu tahu konsep watt dalam lampu dan kelistrikan.

Baca Juga: Ini lo Ruangan yang Cocok Menggunakan Cat Warna Biru Tua

Melansir Allumia, watt adalah jumlah energi yang digunakan oleh lampu atau bohlam. Semakin kecil energi yang digunakan maka semakin kecil cahaya yang Moms dapatkan. Sehingga semakin rendah watt lampu cahaya akan lebih redup. 

Nah biasanya 1 watt lampu menghasilkan 75 lumen. Lalu, apa itu lumen? Lumen adalah satuan pencahayaan yang penting untuk digunakan untuk menghitung kebutuhan cahaya dalam sebuah ruangan.  Lalu berapa watt yang dibutuhkan untuk lampu kamar mandi?

Nah untuk mengetahui seberapa terang satuan lumen pada ruangan, Anda harus tahu satuan luxnya. Lux adalah kekuatan pencahayaan pada bidang yang disinari. Artinya 75 lumen di ruangan sempit akan sangat terang dan 75 lumen di ruangan yang luas akan terasa sangat redup. 

Melansir Hannocs, untuk kamar mandi Moms membutuhkan tingkat pencahayaan 250 lux. Nah satu lux sama dengan 1 lumen per meter persegi. Lalu untuk kamar mandi butuh lampu berapa watt ya? 

Baca Juga: Apa Itu Malabsorbsi? Begini Cara Mencegah Malabsorbsi Makanan pada Anak

Moms perlu menentukan total lumen yang dibutuhkan sebelum menentukan jumlah watt lampu untuk kamar mandi. Begini rumusnya!

Lux = lumen per meter persegi
Lux = total lumen / luas kamar mandi
Total lumen = lux x luas kamar mandi
Total lumen = 250 x 2,25 meter persegi
Total lumen = 562,5 lumen

Nah, jika 1 watt menghasilkan 75 lumen maka Moms perlu lampu 7,5 watt untuk kamar mandi berukuran 2,25 meter persegi. Nah setiap kamar mandi akan membutuhkan watt yang berbeda dan jumlah lampu yang berbeda sesuai dengan luas kamar mandi Anda di rumah!

Demikian penjelasan lampu untuk kamar mandi berapa watt ya? Jangan lupa hitung terlebih dulu luas kamar mandi kemudian kalikan dengan satuan 250. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News