Santai

Lakukan Kolaborasi, Kemendikbudristek, AIA dan Majalah Bobo Wujudkan Sekolah Sehat

Lakukan Kolaborasi, Kemendikbudristek, AIA dan Majalah Bobo Wujudkan Sekolah Sehat

MOMSMONEY.ID - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bersama dengan PT AIA FINANCIAL (AIA) dan Majalah Bobo dari Kompas Gramedia berkolaborasi meluncurkan program kerja sama Kampanye Sekolah Sehat dan AIA Healthiest Schools, Senin (25/9).

Sebelumnya, Kemendikbudristek telah meluncurkan Kampanye Sekolah Sehat yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan dan pembelajaran para siswa dengan berfokus pada Sehat Bergizi, Sehat Fisik dan Sehat Imunisasi di satuan pendidikan.

Sementara, AIA dan didukung oleh Majalah Bobo meluncurkan AIA Healthiest Schools program yang merupakan bentuk penyediaan materi pembelajaran yang dapat diadaptasi oleh guru dan sekolah sebagai upaya untuk membangun kebiasaan hidup bersih dan sehat di lingkungan sekolah. Kerja sama ini tak hanya untuk mendukung kampanye Sekolah Sehat Kemendikbudristek, tetapi juga wujud nyata AIA dan Bobo untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat mengenai pentingnya kebiasaan dan gaya hidup sehat sejak usia dini, terutama terkait makan sehat, gaya hidup aktif, kesehatan mental dan kesehatan lingkungan.

Terdapat 4 pilar program yang diusung oleh AIA untuk menciptakan generasi sehat yang bahagia, pertama pilar makan sehat, mengedukasi siswa mengenai pentingnya pola makan yang sehat. Kedua, pilar gaya hidup aktif, mendorong siswa untuk lebih aktif bergerak dalam keseharian. Ketiga, pilar kesehatan mental, mengedukasi siswa tentang pentingnya kesehatan mental. Keempat, pilar sehat dan lestari, mengajak siswa untuk menjaga bumi agar tetap lestari.

Baca Juga: Kembangkan Bisnis, Wings Group Hadirkan Parfum Khusus Laki-laki

Iwan Syahril, Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kemendikbudristek pun menyampaikan apresiasinya atas program yang dihadirkan ini.

"Melalui program ini, materi pembelajaran dapat diadaptasi oleh guru untuk membangun kebiasaan-kebiasaan hidup sehat serta merencanakan dan menerapkan perubahan baik untuk membuat lingkungan sekolah dan komunitas sekolah hidup sehat dan lebih bahagia,” ujarnya pada peluncuran Kampanye Sekolah Sehat dan AIA Healthiest Schools, Senin (25/9).

Presiden Direktur AIA Sainthan Satyamoorthy juga mengatakan pihaknya mengapresiasi dukungan Kemendikbudristek dalam pelaksanaan AIA Healthiest Schools, yang sudah diselaraskan dengan kampanye Sekolah Sehat dari pemerintah.

"Sinergi yang tercipta merupakan wujud nyata kerja sama yang kuat antara sektor swasta dengan pemerintah dalam menciptakan ekosistem pendidikan di Indonesia yang lebih baik. Ke depannya, kami berharap kolaborasi ini dapat berjalan secara berkelanjutan dan menginspirasi banyak pihak untuk mendukung generasi muda Indonesia yang lebih sehat dan bahagia," ujarnya.

Sementara itu, CEO KG Media, Andy Budiman berharap kerja sama ini dapat mendukung anak-anak Indonesia dapat tumbuh dan berkembang semakin optimal baik fisik dan mental, berdaya saing global, serta memiliki watak dan karakter baik.

Bukan hanya itu, AIA juga menginisiasi kompetisi AIA Healthiest Schools Challenge untuk mengajak lebih banyak sekolah berpartisipasi pada program ini. Kompetisi ini mengajak para siswa dan guru untuk berkolaborasi dalam menciptakan program sekolah yang menarik dan dapat memberikan dampak positif. Kompetisi ini akan berlangsung mulai September 2023 hingga Maret 2024.

Kompetisi AIA Healthiest Schools diadakan secara lokal dan regional yang telah diluncurkan di beberapa pasar AIA seperti Hong Kong, Thailand, Vietnam dan Australia pada tahun 2022, sementara Indonesia dan Malaysia akan memulai program pada tahun ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News