Keluarga

Lakukan Food Preparation, Ini 6 Tips yang Permudah Hidup Anda

Lakukan Food Preparation, Ini 6 Tips yang Permudah Hidup Anda

MOMSMONEY.ID - Mari mengenal food preparation, metode mempersiapkan bahan makanan selama seminggu penuh, yang bakal bikin hidup Anda makin sat set.

Apa, sih, definisi food preparation? Melansir dari Study.com, food preparation adalah proses mengolah makanan mentah hingga bisa dikonsumsi.

Ini mencangkup setiap porsi pengemasan, jangka waktu simpan, hingga proses pemasakan yang mengubahnya menjadi makanan siap santap.

Food preparation ditujukan untuk menghemat waktu, sebab dibuat dengan porsi yang disesuaikan, bisa hingga besok ataupun seminggu, bergantung pada kebutuhan.

Baca Juga: 6 Peringkat Potongan Daging Sapi Terbaik hingga Terburuk, Jadikan Referensi!

Tips food preparation

1. Buat rencana & jadwalkan persiapan

Untuk memulai food preparation, pertama-tama buatlah rencana & persiapan. Cobalah untuk mmbuat daftar belanjaan apa saja yang dibutuhkan. Daftar belanjaan ini mencangkup makanan utama, camilan, hingga dessert jika dibutuhkan.

Rencanakan secara detail menu-menu apa saja yang akan dibuat. Pastikan menu tersebut enak & menyehatkan. Merencanakan menu yang akan dibuat sama artinya dengan

2. Siapkan wadah yang tepat

Untuk melakukan food preparation, maka Moms perlu mempersiapkan wadah yang tepat, aman, dan tak bocor, agar bahan makanan dapat awet disimpan selama berhari-hari.

Baca Juga: 6 Perbedaan Istilah Baking yang Wajib Diketahui Pemula saat Belajar Masak

Food Preparation

3. Mulai dengan porsi kecil

Jika Moms belum pernah melakukan food preparation dan takut untuk melakukannya, maka Moms bisa memulainya dari porsi yang kecil.

Melansir Healthline, mulai rencanakan beberapa makanan/camilan kecil untuk minggu depan. Ketahui strategi food preparation manakah yang paling berhasil jika diubah ke dalam porsi yang lebih besar.

Baca Juga: 6 Tips Bikin Ayam Ungkep Supaya Bumbunya Lebih Harum dan Meresap

4. Satu bahan, aneka masakan

Food preparation jadi terasa mudah jika Moms dapat mengolah 1 bahan menjadi aneka jenis masakan.

Misalnya pada menu mingguan dengan tema utama ayam, maka Moms dapat merencanakan berbagai jenis masakan mulai dari ayam goreng, ayam bakar, ayam suwir, nasi goreng ayam, dll.

5. Bagi bahan per porsi harian

Food Preparation

Agar mempermudah food preparation, maka ada baiknya Moms membagi bahan makanan untuk setiap porsi dalam sehari.

Jika Moms makan sehari 3x, maka bagilah menjadi 3 porsi berbeda. Moms juga perlu mempersiapkan 3 wadah yang berbeda. Jangan lupa beri label tanggal masak agar makanan yang dipersiapkan tak kedaluwarsa.

Baca Juga: 6 Tips Memasak Frozen Food yang Tepat biar Tetap Aman dan Kualitas Tak Menurun

6. Jangan sampai kedaluwarsa

Pastikan Moms mengetahui bahwa melakukan food preparation berarti Moms juga wajib mengetahui seberapa lama ketahanan makanan yang akan disimpan.

Jangan sampai Moms mempersiapkan makanan untuk jangka waktu seminggu, tetapi makanan tersebut hanya bisa bertahan selama 2-3 hari saja.

Nah berikut ini, Moms bisa memperkirakan masa simpan makanan yang dilansir dari Sehat Aqua:

  1. Potongan buah: 1 minggu (dalam wadah tertutup)
  2. Potongan sayur: 1 minggu (dalam wadah tertutup)
  3. Telur rebus: 1 minggu (dalam wadah tertutup)
  4. Daging yang ditumis: 3-4 hari (dalam wadah tertutup)
  5. Kacang yang dimasak: 1 minggu

Itulah beberapa tips yang bisa Moms ikuti jika ingin melakukan food preparation. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat.

Selanjutnya: Masalah Gagal Bayar Tak Kunjung Usai, Lender iGrow Hanya Dicicil dengan Nominal Mini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News