Bugar

Buah dan Sayur yang Baik untuk Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

Buah dan Sayur yang Baik untuk Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

MOMSMONEY.ID - Ada beberapa buah dan sayur yang baik untuk penderita asam lambung lo. Ayo cek daftarnya berikut ini.

Penderita asam lambung seringkali mengalami kesulitan dalam memilih jenis makanan yang tepat untuk dikonsumsi. Mengatur pola makan dengan memilih buah dan sayuran yang tepat merupakan salah satu cara efektif untuk mengelola asam lambung.

Merangkum dari Livestrong dan Health Central, di bawah ini adalah beberapa buah dan sayuran yang baik untuk penderita asam lambung.

1. Pisang

Pisang adalah buah dengan kandungan asam yang rendah, membuatnya cocok untuk penderita asam lambung. Selain itu, pisang bisa membantu menetralkan asam di lambung dan mengurangi gejala heartburn.

Mengonsumsi pisang sebagai camilan di antara waktu makan dapat membantu menjaga kestabilan kadar asam lambung.

Baca Juga: 7 Makanan Penyebab Bau Mulut, Salah Satunya Bawang Putih

2. Melon

Melon memiliki pH yang lebih tinggi dan termasuk buah yang kurang asam. Buah-buahan ini dapat membantu menenangkan lambung dan mengurangi iritasi yang disebabkan oleh asam lambung.

Namun, bagi sebagian orang, melon dapat memicu gejala, sehingga penting untuk mencoba dalam jumlah kecil terlebih dahulu.

3. Pepaya

Pepaya mengandung enzim papain yang membantu dalam pencernaan dan dapat meredakan gejala asam lambung. Mengonsumsi pepaya matang sebagai bagian dari makanan atau sebagai camilan dapat membantu mempercepat proses pencernaan dan mengurangi kemungkinan refluks asam.

Baca Juga: Bolehkah Penderita Asam Urat Makan Tempe dan Tahu? Cek Jawabannya di Sini

4. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti brokoli, bayam, dan kale adalah pilihan yang sangat baik untuk penderita asam lambung. Sayuran ini tidak hanya rendah asam tetapi juga kaya akan serat dan nutrisi penting yang mendukung kesehatan pencernaan dan keseluruhan tubuh.

5. Kentang

Kentang, baik dikukus, direbus, atau dipanggang tanpa tambahan lemak, bisa menjadi pilihan makanan yang menenangkan bagi penderita asam lambung. Hindari mengonsumsi kentang goreng atau kentang yang dimasak dengan banyak lemak karena dapat memicu gejala asam lambung.

Baca Juga: Bisa Meredakan Gejala, Ini Minuman yang Cocok Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

Itulah beberapa buah dan sayur yang baik untuk penderita asam lambung. Mengonsumsi buah dan sayuran yang tepat merupakan langkah penting dalam mengelola asam lambung.

Selain memilih buah dan sayuran yang disebutkan di atas, penting juga untuk menghindari makanan dan minuman yang dapat memicu gejala. Misalnya seperti makanan pedas, makanan berlemak, cokelat, dan minuman berkafein.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News