Santai

Kebiasaan Penting Merawat Tanaman dalam Ruangan yang Harus Dilakukan agar Subur

Kebiasaan Penting Merawat Tanaman dalam Ruangan yang Harus Dilakukan agar Subur

MOMSMONEY.ID - Merawat tanaman dalam ruangan berbeda dengan perawatan tanaman di luar ruangan. Bagi pemilik tanaman, Anda perlu menyimak kebiasaan penting merawat tanaman dalam ruangan. 

Merawat tanaman dalam ruangan harus diperhatikan langkah-langkahnya agar tanaman tetap subur. Artikel ini menjelaskan kebiasaan penting merawat tanaman dalam ruangan. 

Berikut ini terdapat kebiasaan penting merawat tanaman dalam ruangan:

Baca Juga: Cara Menanam Saffron di Pot untuk Hasilkan Rempah Termahal di Dunia

1. Membuang Daun yang Rusak dan Bunga yang Mati

Biasakan membuang daun yang rusak dan bunga yang layu. Ini membantu tanaman mengalihkan energinya kembali untuk tumbuh lebih sehat dan lebih kuat. Setiap kali Anda melihat batang kering dan dedaunan yang rusak, potonglah dengan hati-hati. 

Ini paling cocok untuk tanaman berbunga dalam ruangan seperti kalanchoe, geranium, dan violet Afrika.

2. Memeriksa Bagian Bawah Daun

Tanaman Hias Indoor

Periksa bagian bawah dedaunan untuk memeriksa apakah ada yang menggulung atau berubah warna menjadi cokelat. Selain itu, perhatikan dengan saksama bagian batang yang tersembunyi untuk mencari hama seperti tungau laba-laba, kutu putih, dan kutu daun. 

Anda dapat mengusirnya dengan menggunakan larutan sabun insektisida.

Tanaman hias seperti philodendron, Schefflera, dan English ivy memerlukan perhatian karena dapat diserang hama yang mengganggu.

3. Memasukkan Jari ke Dalam Tanah

Kebiasaan ini akan menyelamatkan tanaman Anda dari efek samping penyiraman berlebihan. Anda dapat memeriksa kelembapan tanah dengan tes sederhana ini. 

Baca Juga: Alasan Tanaman Laba-laba Jadi Favorit Kucing Peliharaan di Rumah

Cukup masukkan jari ke dalam lapisan tanah atas; jika terasa kering, maka saatnya menyiram. Jika terasa lembap atau basah, jangan menyiram tanaman.

4. Menggoyangkan Tanaman Sedikit

Menggoyangkan tanaman dengan lembut seminggu sekali akan meniru hembusan angin dan memastikan tanaman memiliki sistem akar yang kuat. 

Menggoyangkan tanaman juga akan membuat semua dedaunan yang kering dan lemah rontok dan mendorong pertumbuhan yang sehat.

5. Amati Pertumbuhannya

Perhatikan tanaman dengan saksama untuk melihat apakah tanaman tumbuh dengan baik atau tidak. Jika tanaman Anda condong ke arah matahari, biasakan untuk memutar tanaman seminggu sekali agar setiap bagian mendapat paparan sinar matahari yang merata. Selain itu, jika Anda melihat dedaunan yang terbakar, itu berarti tanaman menerima terlalu banyak sinar matahari.

Mengamati pertumbuhan juga membantu menentukan kapan harus memupuk tanaman. Saat Anda melihat pertumbuhan baru, maka itu adalah waktu yang tepat untuk memupuk tanaman Anda.

Baca Juga: Keuntungan Merawat Tanaman Lidah Mertua di Rumah untuk Estetika dan Kesehatan

6. Membersihkan Daun Tanaman

Melakukan ritual pembersihan akan memudahkan proses fotosintesis karena debu dan kotoran yang terkumpul menghambat kemampuan tanaman menyerap sinar matahari dengan baik. Ambil kain katun atau handuk yang lembut dan lembap, lalu seka debu dari dedaunan dengan lembut.

Lakukan tugas ini setiap minggu agar daunnya bersih dan berkilau. Tanaman Ficus Benjamina dan Karet adalah contoh tanaman yang umumnya menumpuk debu.

Nah itulah beberapa kebiasaan penting merawat tanaman dalam ruangan yang perlu dilakukan agar tumbuh subur. 

Selanjutnya: Prabowo Pangkas Pajak Perumahan 16%, Ekonom: Mengurangi Hambatan Pembelian Properti

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News