Santai

Cara Menanam Saffron di Pot untuk Hasilkan Rempah Termahal di Dunia

Cara Menanam Saffron di Pot untuk Hasilkan Rempah Termahal di Dunia

MOMSMONEY.ID - Saffron dikenal karena aroma manisnya yang luar biasa dan rasa pahitnya, dengan sedikit aroma metalik yang unik dalam rasa dan aromanya. Cara menanam saffron di pot sebenarnya mudah. 

Ada cara menanam saffron di pot untuk hasilkan rempah termahal di dunia. Saffron kaya akan antioksidan dan memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk penurunan berat badan. 

Benang saffron digunakan sebagai bumbu, pewarna, aroma, dan obat. 

Baca Juga: Tips Menjaga Tanaman Dalam Ruangan yang Wajib Diketahui Pemula

Menanam saffron melalui biji merupakan proses yang rumit, tetapi menanamnya melalui umbi atau umbi batang jauh lebih mudah dan cepat. 

Waktu terbaik untuk menanam saffron adalah akhir musim panas atau awal musim gugur, setidaknya 3 bulan sebelum tanggal embun beku pertama yang diperkirakan di wilayah Anda.

Beli umbi besar dan matang yang akan menghasilkan produksi pada tahun pertama hanya dalam 7-8 minggu setelah penanaman. Jangan membeli umbi segar atau kecil, karena umbi tersebut hanya akan menghasilkan kunyit selama 2-3 tahun.

Setelah Anda memiliki umbi, tanamlah umbi tersebut sedalam 2-4 inci dalam wadah, dan jangan memadatkannya terlalu rapat. 

Beri jarak 3-5 inci–pastikan ujung yang runcing menghadap ke atas (sedikit terbuka, beberapa mm, ke udara) dan sisi datar menghadap ke bawah.

Saffron

Baca Juga: Cara Menjaga Bunga Potong Tetap Segar Lebih Lama Menggunakan Bahan Dapur

Tanah pot harus memiliki drainase yang baik dan juga tambahkan lapisan kompos yang baik. Jaga agar tanah tetap lembap dan letakkan pot di bawah sinar matahari penuh, di mana ia menerima paparan sinar matahari selama 8 jam atau setidaknya 5-6 jam. 

Dalam beberapa minggu, jika Anda melakukan semua ini, umbi Anda akan segera mulai berbunga!

Berikut syarat menanam saffron di pot:

1. Sinar Matahari

Untuk mendapatkan helai saffron terbaik, pastikan tanaman mendapat setidaknya 5-6 jam sinar matahari langsung, tetapi semakin banyak, semakin baik.

Jika Anda tinggal di daerah yang lebih dingin, carilah tempat yang menghadap ke selatan atau barat untuk mendapatkan paparan sinar matahari yang maksimal.

2. Tanah

Saat menanam kunyit dalam pot, sangat penting bagi Anda untuk menjaga umbi dari pembusukan. Menggunakan 100% tanah kebun dapat menyebabkan retensi air yang berlebihan, yang dapat menyebabkan hal itu.

Tanah yang ideal merupakan salah satu tantangan dalam menanam saffron di dalam ruangan atau di kebun rumah. Tanah harus gembur, seperti yang Anda gunakan untuk menanam sukulen, tetapi sebaliknya lebih kaya akan bahan organik seperti kompos.

Baca Juga: Daftar Rekomendasi Sayuran dalam Pot Cocok Ditanam di Bulan September

3. Pengairan 

Setelah menanam, siram hanya saat lapisan tanah atas agak kering—sekitar satu inci; Anda dapat menggunakan alat pengukur kelembapan untuk menentukan kebutuhan penyiraman lagi yang tepat.

Setelah tanaman mulai tumbuh aktif dan Anda melihat tanda-tanda berbunga, tanaman akan membutuhkan sedikit lebih banyak air. Anda dapat melakukannya dengan membasahi media tanam saat hanya permukaan tanah bagian atas yang kering, biasanya setengah inci hingga satu inci kering.

4. Suhu

Anda akan mendapatkan saffron terbaik di iklim dengan musim panas yang cukup panas dan kering, serta musim dingin yang sejuk dan basah, yang biasa Anda dapatkan di iklim Mediterania.

Kisaran suhu ideal selama musim tanam crocus adalah antara 15°C (60°F) hingga 27°C (80°F). Di musim dingin, mereka dapat mentoleransi suhu serendah 1,7°C (35°F).

Berikut cara merawat tanaman saffron:

1. Pupuk

Anda tidak perlu banyak memupuk setelah penambahan bahan organik. Namun, untuk mendorong pembungaan, Anda dapat menggunakan campuran nitrogen rendah dengan kekuatan lemah, seperti 5-10-10, yang juga akan membantu perkembangan akar.

Baca Juga: Daftar Bunga Musim Panas Terbaik yang Tidak Berhenti Mekar

Terapkan 4-5 minggu setelah menanam umbi di akhir musim panas atau awal musim gugur, yaitu pada akhir Juli atau Agustus, saat Anda melihat pertumbuhan dan perkembangan daun.

Encerkan hingga setengah dari kekuatan yang disarankan, dan gunakan lagi setelah 4-5 minggu. Hentikan pemupukan pada bulan-bulan yang lebih hangat.

2. Hama dan penyakit 

Satu-satunya hal yang perlu Anda waspadai saat menanam kunyit dalam pot adalah busuk akar. 

Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan berhati-hati dalam menyiram, dan kami telah menjelaskan cara melakukannya di bagian penyiraman.

Itulah beberapa cara menanam saffron di pot. Selamat mencoba! 

Selanjutnya: Melihat Aksi Emiten Melakukan Sinergi dengan Transaksi Afiliasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News