AturUang

Jangan Sekadar Ikut-Ikutan, Olahraga Juga Harus Memperhatikan Isi Kantong

Jangan Sekadar Ikut-Ikutan, Olahraga Juga Harus Memperhatikan Isi Kantong

MOMSMONEY.ID - Salah satu menjaga kesehatan adalah dengan olahraga. Nah, kebutuhan akan olahraga ini ternyata membutuhkan biaya yang tak sedikit. Oleh karena itu perlu alokasi yang tepat. 

Misalnya saja, kalau Anda berlangganan member gym yang lengkap dengan olahraga lain seperti fitnes, zumba, pound fit, jelas butuh anggaran khusus. Banyak pula orang yang mengeluarkan uang untuk mengikuti event, seperti lari, bersepeda, dan sebagainya.

Bagusnya memang olahraga untuk menjaga kesehatan, tetapi tak sedikit orang yang hanya sekadar ikut-ikutan.

Baca Juga: Ini Anjuran Sebaiknya Nge-gym Berapa Kali dalam Seminggu?

Widya Yuliarti, perencana keuangan mengatakan, sebenarnya kalau rutin melakukan olahraga tertentu, tak ada salahnya mengeluarkan uang untuk itu.

"Kuncinya komitmen dan jangan sampai mengganggu rencana keuangan lain untuk membeli perlengkapan atau berlangganan apalagi sampai berutang," kata Widya.

Agustina Fitria, perencana keuangan Oneshildt, menambahkan, untuk menjaga kesehatan sebetulnya bisa dilakukan dengan murah.

Biayanya jadi mahal karena harus dilakukan di tempat khusus, bahkan di luar kota atau luar negeri.

Baca Juga: Jaga Kesehatan Kantong untuk Alokasi Dana Berolahraga

Komunitas bisa membantu kita untuk tetap semangat menjalankan kebiasaan baik. Tapi, harus ingat juga bahwa tidak semua harus diikuti jika anggarannya mepet, katanya.

Saran Fitria, buatlah prioritas untuk berbagai tujuan hidup yang lebih baik mulai dari jangka pendek, menengah, dan panjang. Lantas bikin rencana mencapainya beserta anggarannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News