Santai

Bukan Sekadar Ikut Tren, Jadi Content Creator Juga Harus Kreatif

Bukan Sekadar Ikut Tren, Jadi Content Creator Juga Harus Kreatif

MOMSMONEY.ID - Memanfaatkan media sosial untuk menajdi sumber penghasilan bukan sekadar ikutan tren tetapi perlu pengembangan kreativitas. 

Penggunaan media sosial kini bukan hanya sekedar wadah untuk mengekspresikan diri atau berkomunikasi dengan kerabat, tetapi juga berbagi informasi dengan audiens yang luas, membangun kepercayaan, hingga mempromosikan diri atau produk guna mengembangkan bisnis.

Data dari We Are Social dan Hootsuite per Januari 2023 menunjukkan bahwa jumlah pengguna media sosial di Indonesia sangat potensial karena mencapai 60,4% dari total populasi penduduk.

Akan tetapi, potensi ini tidak didorong dengan literasi pengguna media sosial di Indonesia. Artinya, masih perlu ditingkatkan agar lebih bijak dalam menggunakan media sosial dan memahami risiko sosial dan ekonomi yang datang beriringan.

Marchella FP, selaku penulis yang memanfaatkan media sosial mengatakan bahwa bidang kreatif adalah tempat yang erat hubungannya dengan perubahan.

Baca Juga: Meski Sulit, Tetap Ada Peluang Mendapatkan Passive Income dari Content Creator

Perlu adanya nilai dalam karya yang dihasilkan di platform media sosial sehingga kita tidak hanya sekedar kejar-kejaran dengan tren dan angka.  

"Di situlah perlunya kita menyerap segala informasi untuk mengolahnya menjadi konten yang positif dan relevan dengan audiens," kata Marchella saat acara Wealth Wisdom Permata Bank, beberapa waktu lalu. 

Menurut Marchella untuk menghasilkan hal yang kreatif perlu dilakukan step by step dan memerlukan riset mendalam sehingga menghasilkan karya yang utuh dan dekat dengan audiens.

Penting untuk bijak mengetahui apa yang bisa dibagikan ke dalam suatu karya di media sosial dan kapan saatnya untuk membatasi penggunaannya agar risiko dan manfaat yang diperoleh menjadi seimbang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News