Keluarga

Jangan Letakkan Kipas Angin di Area ini, Begini Dampaknya

Jangan Letakkan Kipas Angin di Area ini, Begini Dampaknya

MOMSMONEY.ID - Kipas angin adalah alat yang dibutuhkan untuk membuat udara sejuk saat cuaca panas. Namun, jika Anda ingin memaksimalkan fungsinya, ada beberapa area yang sebaiknya jangan dijadikan tempat untuk meletakan kipas angin.

Mengutip Ideal Home, meski di pasar saat ini banyak kipas angin dengan teknologi yang lebih canggih, tetap saja mereka akan lebih efektif dan optimal jika diletakan di area yang tepat. 

Entah untuk mendinginkan dapur atau kamar tidur, posisi yang optimal sangat penting bagi kipas angin untuk bisa bekerja dengan baik menghilangkan udara panas. Berikut daftar area yang sebaiknya jangan digunakan untuk meletakkan kipas angin:

Baca Juga: Sering Dianggap Sepele, Inilah Bahaya Pakai Kipas Angin saat Tidur bagi Kesehatan

Jangan letakkan kipas angin di area ini

Area berdebu

Kipas angin adalah magnet bagi debu. Meletakkan di area rumah yang berdebu akan membuat udara dipenuhi debu dan bisa membuat alergi semakin parah. Jadi pastikan bahwa area meletakkan kipas ini bebas debu. 

Di belakang benda apapun

Meletakkan kipas angin di belakang perabotan atau benda lain akan membuat aliran udara akan terhalangi. Idealnya, tidak boleh ada apapun di depan kipas angin yang akan menghalani pergerakan angin. 

Juga sebaiknya jangan meletakan kipas angin langsung berhadapan dengan Anda. Angin yang dihembuskan kipas angin kepada Anda akan mengganggu kemampuan alami tubuh mengatur suhu tubuh yang menyebabkan ketidaknyamanan. 

Baca Juga: Hati-Hati! Ini Kesalahan Menggunakan Setrika Uap yang Bisa Rusak Baju

Dekat jendela

Anda mungkin pernah membaca cara membuat ruangan cepat dingin adalah meletakan kipas angin dekat dengan jendela untuk mendorong udara panas. Namun ternyata cara ini berlaku jika Anda memiliki dua kipas di ruangan tersebut.

Jika Anda hanya memiliki satu kipas angin, meletakan kipas angin di dekat jendela yang terbuka bisa membuat udara di luar justru lebih dingin dibandingkan udara di dalam ruangan. Kipas angin akan menarik udara panas dari luar.

Dekat dengan tanaman

Jika Anda memiliki tanaman di dalam ruangan, ini area yang sebaiknya jangan diletakkan kipas. Meski beberapa tanaman menyukai udara dingin, angin yang kencang dan terus menerus mengenai mereka akan membuat tanaman jadi kering. 

Di permukaan yang tinggi

Salah satu pelajaran mengenai udara adalah udara panas bergerak ke atas. Salah satu konsep yang salah adalah berpikir meletakan kipas angin di permukaan yang lebih tinggi bisa efektif mendinginkan ruangan.

Padahal kenyataannya, ini sebaliknya. Ada baiknya untuk meletakan kipas angin di area yang lebih rendah untuk mendorong udara dingin ke atas dan memenuh ruangan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News