HOME, Keluarga

Jadi Kayu Termahal di Dunia, Ini Ciri Khas dan Manfaat Kayu Gaharu

Jadi Kayu Termahal di Dunia, Ini Ciri Khas dan Manfaat Kayu Gaharu

MOMSMONEY.ID - Kayu adalah material yang paling umum digunakan pada suatu rumah, baik sebagai material bangunan maupun furnitur.

Jenis kayu yang dapat digunakan pun beragam, misalnya kayu gaharu. Kayu asli Indonesia ini memiliki ciri khas berupa wanginya yang khas dan harganya yang mahal. Bahkan, kayu gaharu disebut-sebut sebagai kayu termahal di dunia, lo.

Penasaran apa saja karakteristik kayu gaharu beserta kelebihannya? Berikut penjelasannya.

Baca Juga: Beragam Penyebab Mati Lampu di Rumah, Yuk Cari Tahu!

Karakteristik Kayu Gaharu

Gaharu adalah pohon yang tumbuh di wilayah Asia Tenggara dengan diameter sekitar 40-60 cm dan ketinggian hingga 40 meter.

Dilansir dari Pinhome, pohon bernama latin Aquilaria malaccensis ini terkenal dengan wanginya yang khas, sehingga kerap diolah menjadi parfum atau wewangian.

Berikut beberapa ciri khas dari kayu gaharu:

  • Memiliki batang yang keras dan berat, sehingga cocok dijadikan bahan furnitur rumah.
  • Memiliki aroma wangi yang dihasilkan oleh getah pada batangnya. Aroma ini tidak disukai oleh hewan, sehingga dapat berfungsi ganda sebagai pencegah hama dan rayap.
  • Tahan terhadap paparan cuaca, misalnya hujan deras dan sinar matahari yang panas. Jadi, furnitur berbahan kayu gaharu akan lebih awet dan tahan lama dibandingkan jenis kayu lainnya.

Baca Juga: Tertarik Bangun Rumah Kayu? Ini Dia Kelebihan dan Kekurangannya yang Harus Anda Tahu

Manfaat Kayu Gaharu

Kayu gaharu sendiri dapat diolah untuk beragam keperluan, mulai dari furnitur, kecantikan, hingga wewangian. Jadi, tidak hanya dapat mempercantik rumah, tapi kayu gaharu juga ampuh mempercantik penampilan Anda dan membuat rumah terasa wangi.

Dilansir dari Ruparupa.com, berikut beberapa manfaat kayu gaharu yang perlu Anda ketahui:

Furnitur

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kayu gaharu memiliki karakteristik yang keras dan berat, serta tahan pada paparan cuaca. Hal ini membuatnya cocok digunakan sebagai furnitur rumah dan kusen pintu serta  jendela.

Karena karakteristiknya tersebut, furnitur rumah yang dihasilkan tentu akan berkualitas tinggi. Bahkan, furnitur berbahan kayu gaharu memiliki kualitas yang lebih tinggi daripada kayu jati.

Namun, furnitur kayu gaharu tidak banyak diproduksi karena sumber dayanya yang terbatas. Hal tersebut membuat furnitur kayu gaharu memiliki harga yang mahal.

Minyak wangi dan aromaterapi

Salah satu karakteristik kayu gaharu adalah wanginya yang khas. Kayu gaharu memiliki wangi yang eksotis, manis, dan hangat dengan sentuhan musky.

Karena wanginya tersebut, kayu gaharu kerap menjadi bahan baku dari minyak wangi dan minyak aromaterapi. Bahkan, minyak dari kayu gaharu merupakan bahan dasar dari parfum Arab yang dikenal sebagai oud.

Ketika digunakan sebagai aromaterapi, minyak dari kayu gaharu diklaim dapat membantu mengatasi kecemasan, stres, dan gangguan saraf lainnya.

Obat-obatan dan kesehatan

Tidak hanya berfungsi sebagai bahan baku furnitur dan minyak wangi, tapi kayu gaharu juga bisa dimanfaatkan dalam dunia kesehatan.

Di wilayah Asia Timur, gaharu kerap digunakan sebagai pereda nyeri dan asma. Sementara itu, orang-orang Malaysia sering mencampurkan gaharu dengan minyak kelapa sebagai minyak gosok. Di Timur Tengah, gaharu dimanfaatkan sebagai stimulan, tonik jantung, dan obat kembung.

Nah, itulah serba-serbi kayu gaharu yang perlu Anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News