Keluarga

Jadi Inspirasi Hunian Baru, Inilah 6 Ciri Rumah Minimalis yang Cocok Untukmu

Jadi Inspirasi Hunian Baru, Inilah 6 Ciri Rumah Minimalis yang Cocok Untukmu

MOMSMONEY.ID - Konsep hunian rumah minimalis masih tetap populer dan menjadi yang paling dicari hingga saat ini, terutama bagi para pengantin baru.

Penerapan konsep minimalis dalam hunian rumah, mengutip dari Kompas, mengacu pada kesederhanaan bentuk, warna, detail hingga materialnya.

Nah, jika Anda berencana membangun rumah baru untuk keluarga kecilmu, Anda bisa mulai mencari tahu tentang konsep rumah minimalis ini.

Lantas, apa saja sih ciri-ciri rumah minimalis? Yuk kita simak ulasan berikut ini!

Minim sekat dalam rumah

Rumah minimalis selalu minim sekat dan pembatas ruangan, sehingga terlihat lebih sederhana dan hanya mengoptimalkan fungsi dari jendela kaca.

Ini tentu membuat rumah minimalis jadi terlihat lebih luas meski sebenarnya ukuran rumah standar. Sebab sekat/pembatas ruangan membuat rumah tampak lebih sempit daripada ukuran aslinya.

Biasanya, melansir CIMB Niaga, ruangan-ruangan yang tak dibatasi sekat adalah ruang makan, dapur, dan ruang keluarga. Kamar tidur & toilet tetap perlu diberi sekat untuk menjaga privasi.

Baca Juga: 9 Arti Warna Ruangan yang Pengaruhi Psikologis Manusia, Ada yang Bikin Tenang-Cemas

Memiliki tata ruang sederhana

Salah satu ciri mencolok dari rumah minimalis modern ialah desain tata ruangnya yang cukup sederhana dan tak berlebihan.

Sama seperti poin sebelumnya, rumah minimalis akan seminimal mungkin menggunakan pembatas sehingga jarak pandang dalam rumah jadi terlihat lebih luas, polos, bersih, dan efisien.

Dapat cahaya matahari yang cukup

Rumah minimalis dengan gaya yang modern rata-rata memiliki ruang yang terbuka, sehingga memungkinkan cahaya matahari masuk ke segala penjuru rumah.

Melansir dari Gardaoto, rumah yang layak untuk ditinggali haruslah memiliki cukup sinar matahari dan sirkulasi udara yang terbuka. Ini akan membuat rumah tak lembap dan tak kesulitan memperoleh udara segar.

rumah minimalis

Baca Juga: Mau Kerja Bareng di Rumah? Tengok Ide Meja Kerja Minimalis Untuk 2 Orang Ini

Tak banyak detail

Sesuai namanya, rumah minimalis adalah jenis rumah dengan desain seminimal mungkin, yakni dengan sedikit atau bahkan tanpa ornamen dan detail.

Warna rumah yang terbatas

Pemilihan warna pun tak luput dari perhatian. Menurut Georgius Budi Yulianto, Ketua Ikatan Arsitek Indonesia yang dikutip dari Kompas.com mengatakan, warna juga menjadi faktor penentu desain minimalis.

Baca Juga: 15 Tanaman Hias Indoor untuk Rumah Minimalis, Tidak Perlu Banyak Ruang

Desain rumah minimalis biasanya memiliki range warna putih hingga abu-abu & tidak banyak bermain warna. Meski begitu, keunggulan rumah minimalis adalah keberadaan ruang rumah yang dijadikan multifungsi karena tanpa sekat.

Namun untuk membangun rumah minimalis, diperlukan keahlian khusus dari para arsitek. Sebab rumah yang dibangun asal-asalan dengan konsep minimalis biasanya kurang enak dipandang dan cenderung gagal.

Itulah iri-ciri rumah minimalis yang bisa jadi inspirasi untuk Anda saat akan membangun rumah untuk keluarga kecilmu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News