Bugar

Pahami 6 Ciri-Ciri Kulit Tidak Cocok Menggunakan Produk Serum

Pahami 6 Ciri-Ciri Kulit Tidak Cocok Menggunakan Produk Serum

MOMSMONEY.ID - Perhatikan respon kulit Anda, inilah ciri-ciri kulit tidak cocok menggunakan produk serum. Serum termasuk salah satu produk basic skincare yang harus Anda gunakan sehari-hari. 

Memilih produk skincare memang cukup sulit, ada yang responnya baik ke kulit tetapi ada juga yang malah menimbulkan masalah kulit. 

Oleh karena itu, Anda harus memahami ciri-ciri kulit tidak cocok dengan produk skincare tersebut. Pada serum, simak penjelasannya di bawah ini dilansir dari herworld.co.id, yaitu: 

Baca Juga: 4 Varian Masker The Originote Sesuai Kebutuhan Kulit, Kulit Kusam Pilih yang Mana?

1. Muncul Sensasi Panas Terbakar

Ciri-ciri kulit tidak cocok menggunakan serum adalah muncul sensasi kesemutan atau tingling sensation hingga sensasi panas terbakar. Namun, tingling sensation tidak selalu berarti ciri tidak cocok skincare, karena terkadang sensasi ini juga menjadi tanda bahwa skincare yang Anda pakai sedang bekerja pada kulit.

Meskipun tampak serupa, tetapi biasanya tingling sensation karena tidak cocok akan berlangsung lebih lama dibandingkan dengan tingling sensation karena produk skincare sedang bekerja pada kulit.

Bahkan, setelah beberapa menit tingling sensation akan bisa berubah menjadi sensasi panas terbakar pada kulit.

Jika Anda merasakan sensasi tersebut pada pada kulit wajah setelah beberapa saat memakai produk serum, sebaiknya segera bersihkan kulit wajah hingga bersih dan aplikasikan pelembap atau aloe vera gel untuk membantu menenangkan kulit.

2. Muncul Jerawat atau Breakout

Ciri-ciri kulit tidak cocok dengan serum selanjutnya adalah muncul jerawat atau breakout. Hal ini juga semakin parah jika Anda memiliki kulit yang memiliki jenis kulit mudah berjerawat.

Atau, jika Anda memiliki kulit yang tidak mudah berjerawat sekalipun, tidak cocok memakai serum juga bisa memunculkan banyak jerawat secara tiba-tiba pada kulit wajah.

Munculnya jerawat ini merupakan respon penolakan alami kulit terhadap bahan aktif atau kandungan lainnya dalam produk serum.

Jika Anda menyadari munculnya banyak jerawat di wajah kamu setelah menggunakan produk serum baru, segera hentikan pemakaian untuk mencegah kondisi kulit yang lebih parah. 

Baca Juga: Kulit Tak Kunjung Glowing? 3 Penyebab Utama Kulit Susah Glowing yang Harus Dihindari

3. Muncul Ruam Kemerahan pada Kulit

Kemudian, munculnya ruam kemerahan pada kulit termasuk ciri kulit tidak cocok menggunakan serum. Ini adalah respon penolakan alami kulit terhadap bahan aktif atau kandungan lainnya dalam produk serum.

Munculnya ruam kemerahan biasanya juga diikuti dengan kulit yang sangat kering, muncul rasa gatal, hingga mengelupas.

Jika Anda memperhatikan adanya ruam kemerahan pada kulit disertai dengan gejala lainnya setelah menggunakan produk serum baru, segera hentikan pemakaian untuk mencegah kondisi kulit yang lebih parah. 

4. Muncul Benjolan Tidak Biasa di Kulit Wajah

Ciri kulit tidak cocok menggunakan serum berikutnya adalah muncul benjolan tidak biasa di kulit wajah. Benjolan tersebut merupakan reaksi ketidakcocokan kulit terhadap suatu bahan atau kandungan tertentu dalam produk serum. 

Benjolan kecil ini umumnya mengarah ke masalah dermatitis dikarenakan penggunaan produk serum yang mengandung vitamin C atau A, yang cenderung berisiko mengiritasi dan menyebabkan peradangan pada kulit.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Melonjak Lagi, Kemenkes Ingatkan Untuk Vaksinasi

5. Warna Kulit Menjadi Leih Gelap

Warna kulit menjadi lebih gelap juga termasuk ciri-ciri kulit tidak cocok menggunakan serum.  Kulit wajah yang terlihat lebih gelap setelah memakai produk serum tertentu bisa menjadi efek dari pemakaian produk skincare dengan kandungan aktif yang dapat meningkatkan produksi melanin.

Jika Anda memperhatikan perubahan warna kulit setelah menggunakan produk serum baru, segera hentikan pemakaian produk dan konsultasi dengan dokter jika dibutuhkan.

6. Tekstur Kulit Wajah Terlihat Tidak Merata

Ciri-ciri kulit tidak cocok dengan serum lainnya adalah tekstur kulit wajah terlihat tidak merata. Ini juga semakin diperparah dengan munculnya jerawat, bruntusan, ruam kemerahan, dan kulit terkelupas.

Selain menghentikan pemakaian produk serum, hal ini juga bisa diatasi dengan melakukan eksfoliasi secara rutin, sekitar satu sampai dua kali seminggu, untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan dibantu produk skincare lainnya yang cocok di kulit Anda.

Tujuannya dilakukannya eksfoliasi ini untuk mempercepat regenerasi sel kulit yang baru agar bisa terlihat halus dan glowing

Jadi, itulah beberapa ciri-ciri kulit tidak cocok menggunakan produk serum yang harus Anda tahu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News