Bugar

Intip Ciri-Ciri Telur Busuk dan Cara Menyimpannya dengan Benar

Intip Ciri-Ciri Telur Busuk dan Cara Menyimpannya dengan Benar

MOMSMONEY.ID. Simak ciri-ciri telur busuk yang patut diwaspadai serta bahayanya. Konsumsi telur busuk tentu wajib dihindari karena memiliki dampak negatif bagi tubuh.

Telur ayam busuk merupakan telur yang mengalami pembusukan dan tidak lagi layak untuk dikonsumsi.

Pembusukan ini terjadi karena adanya pertumbuhan mikroorganisme yang merusak kondisi telur.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan telur ayam menjadi busuk antara lain.

Baca Juga: 3 Cara Menurunkan Gula Darah di Pagi Hari Tanpa Obat, Penderita Diabetes Bisa Jajal

Ciri-ciri telur busuk

Faktor penyebab telur busuk

  • Bakteri dan mikroorganisme yang ada di sekitar telur dapat masuk melalui pori-pori kulit telur yang tidak tersegel dengan baik. Jika telur tidak disimpan atau ditangani dengan benar, bakteri ini dapat mulai berkembang biak di dalamnya, menyebabkan pembusukan.
  • Kontaminasi: Kondisi telur ayam terkontaminasi oleh kotoran, bahan kimia, atau zat berbahaya lainnya, ini dapat mempercepat proses pembusukan. Kontaminasi dapat terjadi selama proses pengumpulan, penanganan, atau penyimpanan telur.
  • Keretakan atau Retak: Apabila ada keretakan pada cangkang telur, bakteri dan mikroorganisme dapat lebih mudah masuk dan menyebabkan pembusukan lebih cepat.
  • Kelembaban dan Suhu: Telur yang disimpan dalam lingkungan yang lembab atau terlalu panas dapat mempercepat pertumbuhan bakteri dan pembusukan telur.

Berikut adalah beberapa ciri-ciri telur busuk yang tidak layak konsumsi dilansir dari Epicurious.

Baca Juga: 7 Makanan Penyebab Pori-Pori Tersumbat, Nomor 4 Favorit Banyak Orang!

Ciri-ciri Telur Busuk

1. Bau tidak sedap

Telur busuk biasanya memiliki aroma yang busuk, amis, atau busuk yang tidak biasa. Jika Anda mencium bau yang tidak enak saat mencoba membeli telur, itu bisa menjadi tanda telur busuk.

2. Kepadatan

Ketika Anda menggoyangkan telur, telur segar biasanya akan terasa berat dan padat. Namun, telur busuk mungkin terasa lebih ringan dan berisi lebih sedikit karena sebagian isinya telah menguap.

3. Perubahan warna

Penampilan dari Telur segar memiliki kulit yang berkilau dan warna yang cerah. Tentu, ciri-ciri Telur busuk mungkin memiliki kulit yang kusam atau noda-noda pada kulitnya.

4. Fluktuasi suhu

Apabila telur dibiarkan pada suhu yang tidak tepat atau mengalami fluktuasi suhu yang ekstrem dapat membusuk lebih cepat.

Nah, kondisi Telur yang disimpan pada suhu yang tidak sesuai atau terpapar suhu yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat mengalami kerusakan.

5. Kandungan dalam telur

Ketika Anda memecahkan telur busuk, isinya mungkin tampak tidak normal. Telur busuk mungkin memiliki putih yang cair, kuning telur yang hancur, atau bau yang sangat tidak sedap.

Apabila Anda mencurigai telur yang Anda beli di pasar adalah telur busuk, sebaiknya hindari mengonsumsinya.

Hal ini dikarenakan telur busuk dapat mengandung bakteri yang berbahaya dan dapat menyebabkan penyakit.

Cara menyimpan telur yang benar

Melansir dari Epicurious, Anda bisa menyimpan telur pada suhu optimal di lemari es. Pastikan suhu minimum 4°C untuk membuat telur terjaga.

Anda juga simpan telur di dalam karton aslinya dan disarankan tidak menyimpan di dalam pintu kulkas, yang rentan terhadap fluktuasi suhu. Hindari juga mencuri terlalu banyak air karena memungkinkan air masuk melalui sela-sela cangkang.

Penting untuk memeriksa kualitas telur sebelum membeli dan pastikan untuk membeli telur dari sumber yang terpercaya.

Dari beberapa informasi ciri-ciri telur busuk yang wajib diketahui agar konsumsi yang aman dan sehat.

Selanjutnya: Menpora Dito Membantah Ikut Kecipratan Uang Proyek BTS 4G

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News