HOME, Bugar

Inilah 5 Penyebab Seseorang Lebih Sering Digigit Nyamuk

Inilah 5 Penyebab Seseorang Lebih Sering Digigit Nyamuk

MOMSMONEY.ID - Digigit nyamuk ketika Anda sedang sekedar bersantai di luar rumah atau sedang berjalan-jalan tentu sedikit mengganggu. 

Namun ketika melihat ke sekitar, ternyata hanya Anda yang sibuk menggaruk bentol sementara orang lain tenang-tenang saja.  

Memang ada orang yang lebih menarik untuk dijadikan makanan bagi nyamuk. Ini terutama berhubungan dengan komponen darah dan aroma yang dikeluarkan tubuh seseorang. 

Baca Juga: 5 Cara Efektif Mencegah Penyakit Malaria

Berikut ini adalah beberapa penyebab seseorang lebih sering digigit nyamuk, dilansir dari WebMD antara lain: 

1. Golongan darah 

Penyebab seseorang lebih sering digigit nyamuk yang pertama adalah golongan darah. Golongan darah O lebih disukai nyamuk dibandingkan golongan darah A, B, ataupun AB. 

Penelitian oleh Journal of Medical Entomology juga menyebutkan bahwa golongan darah yang tidak disukai nyamuk adalah tipe A.Penyebab pastinya sendiri belum diketahui.  

2. Sedang hamil

Penyebab seseorang lebih sering digigit nyamuk yang kedua adalah sedang hamil. Salah satu penyebabnya masih berhubungan dengan kadar karbon dioksida yang dihasilkan.

Ibu hamil mengeluarkan karbon dioksida lebih banyak daripada orang normal pada umumnya. Hal ini mengundang nyamuk untuk menghampiri ibu hamil. 

Selain itu, suhu tubuh ibu hamil biasanya sedikit lebih tinggi jika dibandingkan dengan orang biasa. 

3. Keringat

Penyebab seseorang lebih sering digigit nyamuk yang ketiga adalah keringat. Orang yang berkeringat juga menjadi salah satu alasan Anda lebih sering digigit nyamuk.  

Nyamuk memiliki kemampuan untuk mengendus aroma dari keringat atau bau badan seseorang yang menarik untuk didekati.  

Baca Juga: Kenali Sederet Manfaat Minyak Ikan untuk Kesehatan Anak

4. Karbon dioksida

Penyebab seseorang lebih sering digigit nyamuk yang keempat karena karbon dioksida. Karbon dioksida adalah gas buangan hasil pernapasan manusia yang ternyata disukai nyamuk.

Bahkan, nyamuk mampu mengenali dan merasakan karbondioksida dari jarak yang cukup jauh. Hal inilah yang membuat nyamuk mudah melacak keberadaan Anda. 

5. Bau alkohol

Penyebab seseorang lebih sering digigit nyamuk yang terakhir adalah bau alkohol. Siapa sangka nyamuk suka dengan orang yang meminum alkohol.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa nyamuk lebih banyak mendarat dan mendekat pada orang yang lebih sering atau banyak minum alkohol.  

Itulah beberapa penyebab seseorang lebih sering digigit nyamuk yang perlu Anda ketahui. 

Walaupun Anda bukan berada pada risiko orang yang sering digigit nyamuk, tetap saja perlu meningkatkan kewaspadaan supaya terhindar dari gigitan nyamuk. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News