Keluarga

Ini yang Akan Terjadi pada Tubuh Jika Makan Nanas Setiap Hari, Berbahayakah?

Ini yang Akan Terjadi pada Tubuh Jika Makan Nanas Setiap Hari, Berbahayakah?

MOMSMONEY.ID - Bagaimana jika Anda makan nanas setiap hari? Apakah akan ada efek berbahaya yang dirasakan oleh tubuh? 

Nanas merupakan buah tropis yang memiliki banyak manfaat baik, serta telah digunakan selama bertahun-tahun sebagai pengobatan tradisional.

Namun, rupanya ada banyak manfaat baik maupun efek samping negatif yang bisa dirasakan manusia apabila makan nanas setiap hari. Apa sajakah itu? 

Manfaat makan nanas

1. Redakan nyeri sendi

Salah satu manfaat makan nanas setiap hari yakni tubuh akan mendapatkan efek anti-inflamasi dari enzim bromelain dalam nanas, yakni bisa meredakan nyeri bagi penderita osteoarthritis.

2. Melawan Peradangan

Nanas

Peradangan merupakan proses alami dalam tubuh manusia untuk melawan penyakit. Namun jika terlalu banyak dan lama, ini bisa sebabkan kondisi rheumatoid arthritis dan kanker.

Kekuatan anti-inflamasi yang terdapat pada enzim bromelain dalam nanas bisa membantu melawan peradangan, serta menekan pertumbuhan tumor tertentu, dikutip dari Cleveland Clinic.

Baca Juga: 6 Cara Mengurangi Kelebihan Garam dalam Tubuh Agar Tak Terkena Stroke

3. Meningkatkan kesehatan tulang

Kandungan mangan, kalsium, dan mineral dalam buah nanas dapat menjaga kekuatan tulang manusia jika dikonsumsi setiap hari. Terutama kandungan mangan di dalamnya dapat mencegah osteoporosis dan meningkatkan kepadatan tulang.

4. Mengandung antioksidan

Sebuah penelitian terhadap nanas yang ditanam di China, dikutip melalui Everyday Health, ditemukan bahwa mengandung sumber antioksidan seperti Flavonoid, Fenolik, dan Vitamin C.

Antioksidan ini dapat melawan radikal bebas dalam tubuh yang sebabkan kerusakan sel dan menyebabkan masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung, diabetes tipe 2, Alzheimer, dan masalah mata.

Baca Juga: Apa yang Terjadi Pada Tubuh Jika Hanya Makan Buah Selama 72 Jam?

Efek samping makan nanas setiap hari

Meski makan nanas setiap hari bisa berakibat baik untuk tubuh, namun ada pula efek samping yang tak bisa kita hindari begitu saja.

Mengutip dari Health Digest, enzim bromelain yang ada pada nanas bisa menyebabkan beberapa masalah pencernaan & iritasi mulut seperti luka, khususnya bagi seseorang yang memiliki penyakit asam lambung.

Enzim nanas dengan kadar vitamin C yang tingi juga rupanya berpotensi merusak enamel gigi sehingga bisa membuat gigi jadi berlubang.

Baca Juga: 6 Jenis Makanan yang Lebih Bernutrisi Ketika Direbus

Air nanas

Tingkat kematangan buah nanas juga wajib jadi salah satu pertimbangan. Sebab nanas yang belum benar-benar matang bisa menyebabkan diare & muntah, dikutip dari Healthline.

Bagi sebagian orang, ada pula yang merasakan reaksi alergi seperti merasakan sensasi kesemutan pada bibir & tenggorokan, sebab nanas memang mengandung enzim yang dapat melunakkan serat otot.

Dikutip dari Domestic Fits, efek samping makan nanas tiap hari juga dapat meningkatkan gula darah tinggi yang serius. Sebab nanas mengandung gula glukosa & sukrosa yang bisa sebabkan sakit kepala, rasa haus berlebih, dan ingin buang air kecil.

Baca Juga: Bolehkah Makan Pisang Setiap Hari? Ini 7 Efek yang Akan Dirasakan Tubuh Anda

Yang lebih mengerikan lagi, nanas bisa berinteraksi dengan obat tertentu sehingga bisa sebabkan hidung berdarah, demam, menggigil, hingga nyeri dada. Zat bromelain juga sebabkan peningkatan penyerapan antibiotik tertentu seperti amoksilin & tetrasiklin yang bisa timbulkan risiko serius.

Itulah deretan efek baik dan buruk yang akan dirasakan tubuh apabila makan nanas setiap hari. Jadi, ada baiknya untuk mengonsumsi nanas secukupnya saja.

Selanjutnya: Revisi UU Pilkada Tak Sesuai Putusan MK Berpotensi Memperumit Pilkada 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News