Keluarga

5 Hal yang Terjadi pada Tubuh jika Makan Stroberi Setiap Hari, Apakah Berbahaya?

5 Hal yang Terjadi pada Tubuh jika Makan Stroberi Setiap Hari, Apakah Berbahaya?

MOMSMONEY.ID - Ada 5 hal yang terjadi pada tubuh jika makan stroberi setiap hari. Cari tahu di sini.

Stroberi menjadi salah satu buah favorit banyak orang. Selain cita rasanya yang segar, stroberi juga terbilang mudah diolah menjadi berbagai makanan dan minuman.

Terlepas dari popularitasnya, stroberi mengandung banyak nutrisi dan antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh. Namun, apa jadinya jika stroberi dikonsumsi setiap hari? Apakah boleh atau justru berbahaya?

Melansir EatingWell, berikut 5 hal yang terjadi pada tubuh jika makan stroberi setiap hari yang harus Anda tahu.

Baca Juga: Ampuh Turunkan Kolesterol, 5 Manfaat Mengonsumsi Bawang Putih Setiap Hari

1. Peradangan berkurang

Hal yang terjadi pada tubuh jika makan stroberi setiap hari pertama yaitu peradangan berkurang.

Stroberi kaya akan antioksidan dan vitamin C yang merupakan zat anti-peradangan alami untuk membantu mengurangi peradangan kronis dan masalah kesehatan terkaitnya. Menurut sebuah studi tahun 2021 yang diterbitkan dalam Antioxidants, antioksidan yang ditemukan dalam stroberi dapat membantu mencegah dan mengelola kondisi terkait peradangan seperti penyakit kardiovaskular dan diabetes.

Seorang ahli diet terdaftar dan penulis nutrisi bernama Brittany Lubeck, RD, stroberi mengandung antioksidan yang sangat tinggi seperti vitamin C, flavonoid, dan asam fenolik. Antioksidan yang ditemukan dalam stroberi telah dikaitkan dengan perbaikan peradangan. Penelitian menunjukkan bahwa makan stroberi setiap hari dapat meningkatkan status antioksidan total dalam tubuh.

2. Risiko penyakit jantung berkurang

Hal yang terjadi pada tubuh jika makan stroberi setiap hari kedua yaitu risiko penyakit jantung berkurang.

Berkat tingginya kadar senyawa yang menyehatkan jantung seperti antosianin dalam stroberi, penelitian menunjukkan bahwa stroberi dapat membantu melindungi sistem kardiovaskular dengan mendukung tekanan darah dan kadar kolesterol sehat. Pada gilirannya, manfaat ini mampu mengurangi faktor risiko kardiometabolik yang kerap menyebabkan kondisi kronis seperti penyakit jantung.

Makan stroberi setiap hari dapat mengurangi risiko penyakit jantung, kata Brittany Lubeck, RD. Berbagai penelitian telah menemukan manfaat bagi kesehatan jantung dari mengonsumsi stroberi atau suplemen stroberi. Meskipun hasilnya saling bertentangan, namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi stroberi mengurangi lipid darah dan tekanan darah sistolik.

3. Kesehatan otak meningkat

Hal yang terjadi pada tubuh jika makan stroberi setiap hari ketiga yaitu kesehatan otak meningkat.

Menurut tinjauan sistematis tahun 2022 dalam Scientific Reports, polifenol dalam stroberi (yang bertindak sebagai antioksidan) dapat membantu menjaga fungsi kognitif seiring bertambahnya usia, meningkatkan kesehatan otak, dan mendukung ketajaman mental.

Stroberi dianggap memiliki efek neuroprotektif. Makan stroberi setiap hari atau dalam jangka panjang telah dikaitkan dengan tingkat penurunan kognitif yang lebih lambat seiring bertambahnya usia, mengutip penelitian tahun 2021 di Molecules.

Baca Juga: Berapa Kadar Kolesterol Normal Pria Usia 50 Tahun? Yuk, Cek di Sini!

4. Kesehatan pencernaan membaik

Hal yang terjadi pada tubuh jika makan stroberi setiap hari keempat yaitu kesehatan pencernaan membaik.

Dengan kandungan seratnya yang tinggi, stroberi dapat membantu mendukung pencernaan yang sehat, mencegah sembelit, dan menyehatkan bakteri menguntungkan di usus, demikian simpulan sebuah studi tahun 2020 yang diterbitkan dalam Nutrients

Serat sendiri merupakan bagian penting dari kesehatan pencernaan, kesehatan metabolisme secara keseluruhan, kesehatan jantung, dan banyak lagi. Dengan mengonsumsi makanan tinggi serat seperti stroberi setiap hari, itu bahkan dapat mengurangi risiko kanker tertentu.

5. Gula darah terkendali

Hal yang terjadi pada tubuh jika makan stroberi setiap hari kelima yaitu gula darah terkendali.

Penelitian menunjukkan bahwa stroberi dapat membantu mengurangi respons insulin dan memperbaiki resistensi insulin. Kandungan serat yang tinggi dalam stroberi juga membantu memperlambat penyerapan gula, sehingga menjadikannya pilihan yang fantastis untuk mengatur kadar gula darah.

Stroberi memiliki indeks glikemik rendah, artinya tidak menyebabkan lonjakan cepat kadar gula darah.

Demikian 5 hal yang terjadi pada tubuh jika makan stroberi setiap hari. Meskipun stroberi umumnya aman bagi kebanyakan orang, tetap penting untuk mewaspadai potensi alergi atau sensitivitas terhadap stroberi. Dan, selalu ingat untuk mencuci stroberi secara menyeluruh sebelum dikonsumsi.

Selanjutnya: Persyaratan Daftar KIP Kuliah 2024 & Dokumennya, Mahasiswa Bisa Daftar Mulai 29 Juli

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News