Keluarga

Ini Warna Cat Dinding yang Sebaiknya Dihindari untuk Ruangan yang Menghadap Utara

Ini Warna Cat Dinding yang Sebaiknya Dihindari untuk Ruangan yang Menghadap Utara

MOMSMONEY.ID - Warna cat dinding dipengaruhi oleh cahaya alami yang diterimanya. Bagaimana untuk ruangan yang menghadap utara?

Saat memilih warna cat ruangan, penting untuk memperhatikan arah hadapnya, lo. Lalu, apa warna cat yang sebaiknya dihindari untuk ruangan yang menghadap utara? 

Melansir House Digest, arah hadap ruangan akan mempengaruhi suhu, jumlah cahaya dan warna cahaya alami yang masuk ke ruangan melalui jendela.

Nah, ruangan yang menghadap utara biasanya memiliki temperatur yang lebih dingin dan mendapatkan cahaya yang lebih terbatas. 

Baca Juga: Simak Inspirasi Warna Cat Dinding Ombre yuk, Tren Baru lo

Ini artinya, apapun yang ada dalam ruangan ini akan cenderung memiliki warna biru. Jika Anda memilih warna cat dinding yang salah maka ini akan merusak desain interior rumah Anda. 

Lalu apa warna cat dinding yang sebaiknya dihindari untuk ruangan yang menghadap utara? 

Putih dingin

Warna cat dinding putih dingin ini merupakan warna yang sangat terang, yang mungkin Anda pikir jadi pilihan terbaik untuk ruangan gelap seperti ruangan yang menghadap utara. 

Meskipun kerap kali benar, sebaiknya hindari menggunakan warna cat ini untuk ruangan yang menghadap utara. Paparan cahaya di ruangan yang menghadap utara dengan warna cat ini akan membuat ruangan terasa sangat dingin. 

Baca Juga: Simak Tren Warna Cat Dinding 2024 dari Sherwin-Williams: Biru Muda

Abu-abu gelap

Kamar tidur dua warna hitam abu-abu
Secara umum, abu-abu gelap adalah pilihan warna cat dinding yang buruk untuk ruangan yang menghadap utara. Secara khusus, abu-abu gelap memang pilihan yang buruk untuk jadi cat dinding secara menyeluruh. 

Warna abu-abu biasanya memiliki tone dasar yang dingin. Ini tentunya juga membuat ruangan yang menghadap utara jadi redup dan suram. Jika Anda suka dengan warna ini, gunakanlah hanya sebagai aksen kecil saja. 

Cokelat gelap

Cokelat gelap memang memberikan kesan yang mewah dan anggun. Namun warna tersebut bisa membuat ruangan terasa jadi terlalu helap dan cenderung agak ungu di ruangan yang menghadap utara karena bercampur dengan warna biru cahaya alami. 

Jika Moms suka warna cokelat gelap, maka pertimbangkan warna ini untuk ruangan yang menerima banyak cahaya matahari. 

Warna biru laut

Warna biru laut adalah salah satu pilihan warna yang bisa sangat mempengaruhi suasana ruangan. Namun, untuk ruangan yang cenderung menerima cahaya biru dingin seperti ruangan yang menghadap utara, menggunakan warna ini bisa terasa sangat melelahkan. 

Baca Juga: Ini lo 4 Warna Cat Dinding yang Bikin Rumah Cepat Terjual dengan Harga Tinggi

Hitam

Warna cat dinding hitam bisa memberikan efek yang mencolok pada ruangan, namun juga bisa membuat ruangan terasa sempit jika digunakan secara menyeluruh dari lantai hingga langit-langit. 

Ruangan dengan dinding hitam akan tampak lebih kecil dan gelap berapapun jumlah cahaya yang diterimanya. Sehingga, warna ini cukup buruk jika dijadikan cat dinding untuk ruangan yang menghadap utara. 

Ungu muda

Warna merah muda dengan tone gelap seperti dusty pink akan menetralkan warna dasar sejuk dari paparan cahaya di utara. Sementara warna merah muda yang lebih dingin akan nampak berwarna ungu. 

Dengan cara yang sama, warna ungu jadi akan terlihat lebih biru di ruangan yang menghadap utara. Ini tentu akan membuat ruangan jadi terasa berlebihan. 

Selanjutnya: Pilpres Satu Putaran Dinilai Bakal Tekan Ketidakpastian

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News