BisnisYuk

Ini Pentingnya Adopsi AI bagi Bisnis Online Menurut Anchanto

Ini Pentingnya Adopsi AI bagi Bisnis Online Menurut Anchanto

MOMSMONEY.ID - Yuk, simak penjelasan pentingnya AI bagi bisnis online menurut Anchanto Indonesia.

Kecerdasan buatan atawa artificial intelligence (AI) mulai populer digunakan untuk membantu pekerjaan dalam berbagai bidang.

Ya, AI yang berkembang kini bukan lagi dianggap bisa menggantikan peran sumber daya manusia, melainkan membantu pekerjaan manusia. 

Implementasi serta adopsi AI dalam berbisnis penting dilakukan di tengah dinamika pasar yang dinamis serta persaingan yang ketat.

Vicky Hardiman, Country Head of Anchanto Indonesia, mengatakan, memanfaatkan teknologi AI untuk analisis bisnis sangat krusial untuk pengusaha dan UMKM lakukan. 

Keunggulan kompetitif yang diberikan oleh wawasan berbasis AI memungkinkan pemahaman menyeluruh tentang perilaku pelanggan, tren pasar, dan strategi kompetitor, serta meyakinkan pengambilan keputusan berdasarkan informasi. 

Penggunaan AI mampu memberikan efisiensi melalui otomatisasi, yang dapat mengoptimalkan penggunaan sumber daya, terutama bermanfaat bagi usaha kecil dengan keterbatasan sumber daya.

Apalagi, kemampuan analisis data AI secara real-time memungkinkan adaptasi cepat terhadap perubahan pasar, memastikan bisnis tetap lincah dan responsif. 

Baca Juga: Manfaatkan Affiliate Jadi Peluang Bisnis Kaum Rebahan Yuk!

Pendekatan berbasis data ini tidak hanya meningkatkan pengambilan keputusan, tetapi juga mendukung skalabilitas, menciptakan peluang pertumbuhan bagi UMKM yang ingin mengembangkan pasar mereka dan efektif mengatasi kompleksitas data yang terus meningkat. 

Anchanto, perusahaan teknologi (SaaS) di sektor e-commerce dan logistik juga memiliki solusi berbasis AI, bertajuk Digital Shelf Anchanto.

Solusi AI, Anchanto tersebut merupakan platform yang memanfaatkan data untuk menyajikan informasi terkini mengenai citra brand dan kinerja produk Anda.

Di tengah pasar online yang sibuk, dinamis, dan penuh persaingan, memiliki keunggulan kompetitif menjadi sangat penting bagi bisnis saat ini. 

Melalui solusi AI Anchanto, mereka dapat memantau ketersediaan produk, harga, penjualan, dan kegiatan pesaing mereka. Selain itu, bisnis juga dapat mengamati semua penjual pihak ketiga yang terlibat dalam penjualan produk mereka.

Dengan menggunakan solusi AI Anchanto, Vicky mengatakan, pebisnis dapat menganalisis harga yang ditawarkan, saluran penjualan yang digunakan, mengidentifikasi kesalahan yang mereka lakukan, dan menandai aktivitas mereka sesuai dengan kebutuhan. 

"Platform berbasis AI kami memungkinkan bisnis untuk mengoptimalkan efisiensi operasional dengan menyediakan wawasan real-time mengenai perilaku konsumen, tren pasar, dan pola permintaan," kata Vicky dalam keterangan tertulis, dikutip Selasa (28/11). 

Dengan menggunakan algoritma yang canggih, platform AI Anchanto mendorong bisnis dalam merancang strategi penetapan harga yang solid, memantau aktivitas dan pelanggaran penjual non-resmi, menjaga ketersediaan produk dan stok, serta melakukan berbagai tugas lainnya.

Baca Juga: Tokopedia Ungkap Tren Produk Kesehatan Yang Laris di E-commerce

Oleh karena itu, bagi para pengusaha atau UMKM, bekerja berdasarkan data dan menggunakan platform berbasis AI menjadi semakin krusial.

Hal ini berarti mereka perlu mulai mencari perangkat atau platform yang sesuai untuk mendukung operasional bisnis mereka, membantu dalam analisis, dan merumuskan strategi berbasis data guna mendukung pertumbuhan. 

Meskipun mereka dapat menjalankan bisnis online tanpa menggunakan analitik Digital Shelf, kekurangan ini dapat menimbulkan berbagai tantangan yang mahal, yang berpotensi memengaruhi kinerja bisnis serta pertumbuhan jangka panjang.  

Panduan memahami AI 

Selain menawarkan solusi AI, Anchanto juga menyediakan panduan dan sumber daya terbaik yang disesuaikan untuk membantu pengusaha memahami serta memanfaatkan potensi analisis data bisnis berbasis AI.

Beragam sumber daya dan wawasan ahli dapat diakses di laman Anchanto yang dapat membantu menjelaskan rahasia teknologi AI serta penerapannya dalam mengatasi data bisnis yang kompleks. 

"Ketika berbicara tentang menambahkan nilai melalui integrasi dengan solusi Anchanto, ada perbandingan yang ingin saya analogikan. Sama seperti dalam olah raga, kesiapan dengan pemahaman tentang kemampuan Anda, persaingan, lingkungan bermain, dan penggunaan taktik cerdas untuk mencapai kemenangan sangat penting sebelum terlibat dalam pertandingan," kata Vicky. 

Konsepnya menjadi sama ketika urusan dengan ritel online. Namun, bagaimana menggali informasi mengenai kinerja, kompetitor, pasar dan merancang strategi dapat memiliki dampak yang besar pada hasil akhir. 

Integrasi dengan solusi Anchanto tidak hanya sebatas adopsi perangkat lunak konvensional. Ini mirip dengan mendapatkan mitra yang penuh pengetahuan yang membantu pengusaha menggali wawasan berharga dari data mereka.

Baca Juga: Dimas Seto dan Dhini Aminarti Berbagi Tips Soal Menerapkan Halal Lifestyle

Dengan integrasi yang mulus dengan sistem kecerdasan buatan Anchanto, pengusaha dapat memperoleh nilai tambah yang signifikan. 

Integrasi ini memberikan mereka pemahaman yang dapat diterjemahkan ke dalam tindakan terkait perilaku pelanggan, optimasi operasional, mempertahankan integritas brand dengan mengelola penjual resmi dan non-resmi, serta membuat keputusan berbasis informasi.

Pada akhirnya, hal ini mendorong pertumbuhan dan kesuksesan bisnis. 

AI dari Anchanto

Vicky menjelaskan, analisis AI dari Anchanto memberikan sejumlah dampak positif pada bisnis, merevolusi efisiensi operasional, pengambilan keputusan berbasis informasi, dan manajemen brand.

Melalui wawasan berbasis AI, bisnis dapat mengoptimalkan manajemen persediaan, memproyeksikan permintaan dengan akurat, dan meningkatkan logistik untuk operasional yang lebih efisien. 

Selain itu, solusi AI dari Anchanto menyediakan perangkat yang tangguh untuk memantau dan menjaga citra brand dengan mengelola penjual resmi dan mendeteksi yang non-resmi, serta memastikan pengalaman brand yang konsisten dan positif di berbagai platform digital. 

Sementara, risiko yang timbul akibat mengabaikan analisis dalam operasional dapat menyebabkan dampak yang signifikan.

Perusahaan mungkin menghadapi kesulitan dalam memahami preferensi konsumen yang terus berubah dan tren pasar, sehingga mengakibatkan alokasi sumber daya yang tidak efisien dan peluang pertumbuhan yang terlewatkan.

Baca Juga: Cara Beralih ke Akun Profesional di Instagram Mudah, Punya Lebih Banyak Manfaat

Tidak menggunakan analisis AI dapat mengakibatkan penurunan daya saing, tidak efisien dalam operasional, dan ketidakmampuan untuk beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan pasar, yang pada akhirnya memengaruhi kinerja bisnis secara menyeluruh dan potensi pertumbuhan. 

Dunia ritel online adalah lingkungan yang rumit, penuh peluang namun juga potensi risiko yang dapat merugikan bisnis.

Oleh karena itu, memiliki visibilitas yang baik di dalam e-commerce sangat berharga, dan pendekatan terbaik untuk mencapainya adalah melalui pemanfaatan wawasan AI secara real-time. 

Pengambilan keputusan untuk berinvestasi pada perangkat AI seperti Digital Shelf Anchanto harus dilakukan secara strategis. Hal ini tidak hanya berkaitan dengan angka semata, tetapi juga dengan melindungi identitas brand dan memastikan perkembangannya. 

Anchanto menyarankan untuk memulai dengan proyek uji coba guna mengevaluasi dampaknya dan secara bertahap meningkatkan investasi berdasarkan hasil yang diperoleh.

Bisnis sebaiknya mempertimbangkan keuntungan potensial dalam hal perlindungan brand, kemampuan beradaptasi dengan pasar, dan peningkatan efisiensi operasional. 

Bagi bisnis yang sedang berkembang, direkomendasikan untuk memanfaatkan teknologi yang dapat berkembang seiring dengan bisnis tanpa menuntut investasi yang signifikan di awal.

Bermitra dengan para ahli dari Anchanto dapat membantu dalam merancang rencana investasi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis yang spesifik. Ini tidak hanya memastikan integritas brand, tetapi juga memaksimalkan potensi pertumbuhan. 

Selanjutnya: Bertabur Bintang Tenar! 3 Film Baru yang Bakal Tayang di Bioskop Pekan Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News