Keluarga

Ini Lo Cara Mengurangi Tagihan Listrik Saat AC Menyala Seharian!

Ini Lo Cara Mengurangi Tagihan Listrik Saat AC Menyala Seharian!

MOMSMONEY.ID - Saat suhu panas di siang hari menyerang, AC adalah salah satu penyelamat Anda dan keluarga. Namun sayangnya menyalakan AC sepanjang hari sudah pasti akan meningkatkan tagihan listrik. Lalu bagaimana cara menguranginya? 

Air Conditioner (AC) adalah benda yang paling banyak dicari saat musim panas tiba. Apalagi di tengah serangan EL Nino di Indonesia, suhu di Indonesia pada pertengahn 2023 hingga saat ini konsisten panas bahkan bisa mencapai suhu tertinggi 36-37oC. 

Meski memberikan rasa nyaman saat hawa panas, menyalakan AC bisa menyiksa dompet Anda lo Moms! Menyalakan AC sepanjang hari pastinya akan meningkatkan tagihan listrik. Sekarang pertanyaannya, adakah cara mengurangi tagihan listrik saat AC menyala seharian? 

Baca Juga: Tangerang Jadi Wilayah Terpanas Pekan Lalu, Capai 36 Derajat Celcius

Melansir berbagai sumber, ini cara mengurangi tagihan listrik saat AC menyala seharian!

Jangan terlalu sering menyalakan dan mematikan AC
Saat Anda hanya pergi sebentar dari rumah atau ruangan yang berAC Anda tak perlu mematikannya untuk mengurangi tagihan listrik. Sebab dengan mematikan AC, suhu udara di ruangan akan mengikuti suhu sebelum AC menyala. Lalu saat Anda menyalakan AC lagi maka AC akan bekerja keras lagi untuk membuat suhu udara lebih dingin dan sejuk. Tentu ini akan membuat tagihan listrik membengkak. 

Jangan pernah mengatur suhu AC ke suhu minimal
Untuk mengurangi tagihan listrik saat AC menyala seharian, jangan pernah mengatur suhu AC ke suhu minimal 16-18oC. Pada dasarnya tubuh kita didesain untuk merasa nyaman dengan suhu udara 22-24oC. Maka ada baiknya untuk mengatur suhu sewajarnya. Sebab jika suhu diluar menyentuh 30oC dan Anda mengatur suhu AC ke suhu minimal maka AC akan bekerja keras untuk mendinginkan ruangan dan membuat tagihan listrik meningkat. 

Nyalakan pengatur waktu
Untuk mengurangi tagihan listrik karena AC menyala seharian ada baiknya Anda mengaktifkan pengatur waktu (timer). Terutama saat Anda tidur di malam hari, di mana suhu sudah dingin jadi Anda sebenarnya tak membutuhkan AC menyala semalaman. 

Baca Juga: Begini lo Cara Membersihkan Sol Sepatu Bagian Dalam Menggunakan Cuka

Pastikan ruangan benar-benar tertutup
Sebelum menyalakan AC, tutup pintu dan jendela ruangan. Ini akan membuat AC dengan cepat mendinginkan suhu ruangan, dan suhu dingin bisa bertahan lebih lama. Sehingga AC tak perlu bekerja keras dan tagihan listrik bisa turun di akhir bulan. 

Pastikan unit AC outdoor tidak langsung terkena sinar matahari
Untuk mengurangi tagihan listrik saat menggunakan AC sepanjang hari, pastikan unit AC outdoor Anda tidak langsungterkena sinar matahari. Sebab ini akan membuat AC Andalan bekerja keras dengan mengurangi efisiensi kinerja AC. 

Demikian 5 cara mengurangi tagihan listrik saat Anda menyalakan AC seharian. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News