Keluarga

Ini Lo Cara Mengubah Tampilan Ruang Tamu Jadi Lebih Baru Tanpa Perlu Menyiksa Kantong

Ini Lo Cara Mengubah Tampilan Ruang Tamu Jadi Lebih Baru Tanpa Perlu Menyiksa Kantong

MOMSMONEY.ID - Yuk simak cara mengubah atau memperbarui tampilan ruang tamu dengan hemat!

Jelang perayaan Natal dan tahun baru, Anda tentu ingin punya tampilan ruang tamu yang baru. Namun bisakah memperbarui ruang tamu tanpa mengeluarka banyak uang? 

Melansir Homes and Gardens, dengan kreatifitas tinggi tentu sangat memungkinkan untuk mengubah tampilan ruang tamu terasa baru tanpa mengeluarkan banyak uang. 

Baca Juga: 4 Manfaat Masker Lumpur untuk Wajah yang Harus Anda Pahami

Lihat dengan seksama ruang tamu Anda. Kemudian tanyakan pada diri Anda tatanan apa yang tidak efektif, apa saja yang hilang dari ruang tamu dan apa yang perlu diubah atau ditambahkan? 

Setelah melakukan identifikasi kelemahan pada ruang tamu Anda, kini saatnya fokus pada satu aspek yang bisa Anda perbaiki. Salah satunya dengan mengikuti saran di bawah ini!

Simak cara mengubah atau memperbarui tampilan ruang tamu dengan hemat ini yuk!

Langkah pertama yang disetujui oleh desainer interior adalah merapikan dan membersihkan ruang tamu. Kemudian menata kembali perabitan di dalamnya. Namun selalu pertimbangkan area utama, meja kopi dan rak di ruang tamu Anda untuk membuat tampilan baru. 

Rapikan dan bersihkan ruang tamu Anda
Cara pertama mengubah tampilan ruang tamu supaya terlihat baru adalah merapikan dan membersihkan ruang tamu secara mendalam. Sebelum merapikan, buat daftar apa saja yang perlu dirapikan dan dibersihkan. 

Langkahnya, pindahkan terlebih dahulu semua perabotan, dekorasi dan akses. Kosongkan ruang tamu Anda dan bersihkan. Setelah itu Anda bisa mengeliminasi benda apa saja yang sudah tidak Anda butuhkan lagi. 

Tata kembali perabotan
Dengan menata kembali perabotan di rumah Anda, Moms bisa membuat tampilan ruang tamu terasa jadi lebih baru. Jadi cara paling mudah adalah mengubah tatanan ruang tamu Anda. 

Di ruang tamu yang kecil, membuat perabotan ditata jadi terasa lebih intim adalah cara yang paling efektif. Sedangkan di ruang tamu yang lebih luas, Anda bisa mencoba membagi ruang tamu dengan dua atau lebih area sesuai fungsinya. 

Intinya saat menata ruang tamu, buat area khusus untuk bercengkerama. Kelompokan kursi dan sofa supaya nyaman untuk Anda berbincang-bincang. 

Tambahkan dekorasi baru dari ruangan lainnya
Memindahkan dekorasi dari ruangan lain ke ruang tamu juga bisa memberikan kesan baru pada ruang tamu Anda. Misalkan saja menggunakan meja kecil dari kamar tidur Anda atau menggunakan karpet dari ruang bersantai Anda. 

Baca Juga: Tingkatkan Privasi, WhatsApp Bakal Pakai Username untuk Pengguna Tanpa Nomor HP

Gunakan benda-benda di gudang Anda
Tentu Anda masih menyimpan kaleng cat hingga kain tak terpakai di gudang. Ketimbang membiarkannya begitu saja, ini saatnya menggunakan benda-benda di gudang Anda untuk memperbarui dekorasi ruang tamu.

Kain yang lama tidak Anda gunakan bisa digunakan untuk melapisi kursi. Sisa cat bisa Anda gunakan untuk mengecat salah satu sisi dinding dan menata ulang perabotan di ruang tamu Anda untuk memberikan titik fokus yang baru. 

Perbarui meja kopi dan rak Anda
Memperbarui meja kopi dan rak Anda bukan berarti membeli yang baru. Melainkan menambahkan benda-benda dekoratif di atasnya. Andapun tak perlu membeli benda-benda dekoratif baru. Cukup ubah dekorasi dari tempat lain dan letakan di meja kopi serta rak Anda. 

Buat galeri dinding
Jika Anda terbiasa dengan dinding yang bersih, maka coba buat galeri dinding. Gunakan lukisan atau foto yang selama ini Anda abaikan. Tempel di dinding dengan pigura yang senada untuk memberikan seni yang apik di ruang tamu. 

Tambahkan tanaman di ruang tamu
Tanaman dan bunga memberikan peran penting dalam desain interior di ruangan manapun. Tak hanya memberikan tampilan yang segar, tanaman bisa meburangi stres, membersihkan udara dan tentunya menambah kesan baru di ruang tamu Anda. 

Itu tadi cara mengubah tampilan ruang tamu terasa jadi lebih baru tanpa mengeluarkan uang. Ternyata mengubah tampilan ruang tamu tanpa mengeluarkan uang ini memberikan banyak manfaat lo!

Terutama mengasah kreatifitas kalian serta melatih Anda mencari solusi dengan benda yang ada di sekitar Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News