Keluarga

Ini Lo Cara Mudah Hemat Menggunakan Air Bersih di Rumah

Ini Lo Cara Mudah Hemat Menggunakan Air Bersih di Rumah

MOMSMONEY.ID - Yuk simak cara berhemat air bersih di rumah, mengingat air sangat penting untuk kehidupan kita!

Jika Anda masih bingung cara menghemat air di rumah, yuk simak tulisan di bawah ini. Melansir Love To Know, menghemat penggunaan air di rumah sangat mudah Anda lakukan. Bahkan anak-anak Anda pun bisa ikut melakukannya. 

Baca Juga: Ini Dampak Jangka Panjang dari Polusi Udara Bagi Kesehatan

Begini cara mudah hemat menggunakan air bersih

Jangan mandi terlalu lama

Cara mudah hemar air adalah jangan mandi terlalu lama, apalagi Anda pengguna shower. Mandi secukupnya dan gunakan air secukupnya untuk membilas. Jangan mandi sambil bermain dan tetap menyalakan air. 

Jangan biarkan air terus mengalir saat cuci tangan dan gosok gigi 

Tahukah Anda bahwa banyak air yang terbuang sia-sia saat Anda mencuci tangan. Maka dari itu, biasakan mematikan air saat Anda sedang menyabuni tangan. 

Basahi sebentar tangan Anda, kemudian matikan air. Lalu sabuni tangan Anda dan gosok selama 20 detik. Setelah itu nyalakan kembali air untuk membilasnya. Lakukan cara yang sama saat akan menggosok gigi. 

Bijak saat mencuci piring
Banyak orang akan menggosok peralatan makan dan memasak mereka yang kotor sambil membuka keran air. Untuk menghemat air di rumah, hentikan kebiasaan ini. 
Cukup nyalakan air saat cucian perlu dibilas. Matikan keran air saat cucian sedang Anda sabuni. Selain itu jangan selalu menggunakan mangkok baru setiap kali Anda akan minum atau ngemil.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Cleansing Balm untuk Kulit Berjerawat dari Merek Lokal

Sirami tanaman di waktu yang tepat
Saat Anda menyirami tanaman di siang hari yang terik, banyak air akan menguap. Maka dari itu sebaiknya sirami tanaman di pagi haru atau malam hari. 

Ubah cara Anda mencuci baju
Jika Anda mencuci baju dengan mesin cuci, pastikan tabung penuh terisi. Jika tidak, maka Anda melakukan pemborosan air. Selain itu, Anda bisa menggunakan kembali baju yang tidak kotor sehingga ini membantu Anda mengurangi frekuensi mencuci. 

Tampung air hujan
Cara menghemat air bersih selanjutnya adalah membuat penampungan untuk air hujan. Air ini bisa Anda gunakan untuk menyirami tanaman di rumah. 

Demikian cara untuk mengemat penggunaan air bersih di rumah. Selamat mencoba dan yuk jaga lingkungan tetap lestari!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News