Santai

Cara Menata Ruang Tamu Kecil yang Nyaman & Fungsional, Mulai dari Hal Ini!

Cara Menata Ruang Tamu Kecil yang Nyaman & Fungsional, Mulai dari Hal Ini!

MOMSMONEY.ID -  Cara menata ruang tamu kecil memang cukup tricky. Anda justru bisa membuat ruang tamu jadi terasa penuh jika hanya mementingkan estetika. Supaya tak bingung, yuk simak cara menata ruang tamu kecil ini!

Saat ini telah banyak ide ruang tamu kecil dan cara menata ruang tamu kecil supaya cantik dan bergaya, bagaimanapun bentuk dan proporsinya. Namun jika Anda hanya mengutamakan estetika, bisa jadi ruang tamu terasa penuh. 

Baca Juga: Kenali 7 Tanaman untuk Mengobati Luka Luar dengan Efektif

Sebab Anda bisa dengan mudah terjebak memajang seluruh benda kesukaan Anda di ruang tamu. Padahal di ruang tamu yang kecil, Anda juga perlu memperhatikan aspek kenyamanan dan kelegaan. 

Jadi jika Anda tinggal di apartemen atau di rumah dengan ruang tamu yang kecil, simak cara menatanya di bawah ini. Melansir Homes and Garden, begini cara menata ruang tamu kecil secara berurutan

1. Mulai dengan meletakan karpet 

Banyak dari kita selalu mengutamakan penggunaan karpet di kamar tidur. Namun karpet sering kali berada di daftar paling bawah saat menata ruang tamu. 

Padahal banyak ahli mengungkapkan saat menata ruang tamu kecil, pilihan karpet jauh lebih penting dari pada pilihan terbawah saat mendekorasi. Dan, memilih karpet yang tepat sangat penting bagi tampilan sebuah ruang. Jadi cara menata ruang tamu kecil pertama bisa Anda mulai dengan memilih dan meletakan karpet di ruangan ini.

Desainer Henriette von Stockhausen menjelaskan karpet antik seringkali menjadi poin awal untuk mendekorasi interior. Ini bisa menggunakan karpet yang sudah dimiliki atau karpet baru yang kemudian seluruh ruangan mengikuti gaya karpet tersebut. Menurutnya, setidaknya karpet memiliki tiga warna untuk membangun skema di ruangan.

Pendiri Thurstan James Thurstan Waterworth setuju bahwa karpet memainkan peran penting dalam sebuah ruangan dan harus menjadi hal pertama yang dipikirkan. Saat bekerja di ruangan yang kecil, letakan karpet terlebih dahulu untuk menentukan skema ruangan yang tepat. Anda bisa mulai dari memilih warna yang sejalan dengan warna karpet. 

2. Jangan mengesampingkan pentingnya penataan lampu

Ruang tamu yang kecil sangat diuntungkan dengan penataan lampu yang baik. Anda bisa menggunakan berbagai jenis lampu, mulai dari lampu meja, lampu gantung atau lampu dinding. 

Anda bisa menata lampu di ruang tamu mulai dari level terendah hingga tertinggi. Gunakan lampu dinding yang sejajar dengan kaki di samping meja. Kemudian gunakan lampu meja, dan tambahkan sedikit lampu langit-langit. Khusus lampu langit-langit, pasang dekat dengan tembok dan arahkan menjauh dari tengah ruangan untuk memberikan kesan artistik. 

3. Pertimbangkan penataan kursi

Cara menata ruang tamu kecil selanjutnya, Anda bisa melanjutkan dengan menata tempat duduk. Praktis adalah kunci utama saat menata ruang tamu kecil. 

Pastikan sofa dan kursi saling berhadapan untuk menciptakan suasana bercakap yang santai. Kemudian pastikan tamu bisa dengan mudah keluar dari sofa tanpa harus mengganggu percakapan yang sedang terjadi.

4. Gunakan furnitur lembut di ruang tamu

Menggunakan furnitur lembut di ruang tamu memainkan peran penting dalam penampilan dan suasana ruangan tersebut. Sehingga pilih material, warna dan pola dengan bijak. 

Anda bisa memilih warna yang senada atau cocok dengan warna karpet dan wallpaper atau karya seni di ruang tamu. Desainer Interior Eva Sonaike mengatakan ruang tamu adalah ruang komunal dan seharusnya merefleksikan setiap orang yang tinggal di rumah. 

Ruang tamu adalah tempat bersosialisasi, ruang hiburan dan ruang bersantai. Sehingga desain ruang tamu haruslah fungsional tetapi juga menyenangkan. Jadi Anda bisa menambahkan warna dan pola. Contohnya menggunakan pola untuk sarung bantal sofa. Kemudian tampilkan pola ini di aksesoris lainnya seperti ornamen. 

Baca Juga: Ini Lo 5 Tempat di Dapur yang Sering Lupa Dibersihkan

5. Letakan cermin di lokasi yang bisa memantulkan cahaya

Meletakan cermin di lokasi yang tepat adalah trik untuk mempecantik ruang tamu kecil. Sebab cermin dapat digunakan untuk menciptakan ilusi ruang. 

Pendiri Stone House Collective Anna Franklin menjelaskan mendekorasi dengan cermin di ruang tamu yang kecil bisa digunakan untuk menyebarkan cahaya alami dan menciptakan ilusi ruangan jadi terlihat lebih luas. Anda bisa meletakan cermin besar di dinding yang akan jadi titik utama ruangan. 

Untuk memaksimalkan pencahayaan, pastikan cermin diletakan di mana cahaya alami bersinar. Sehingga cermin dapat memantulkan cahaya ke ruangan yang lebh gelap. 

6. Gunakan pendekatan strategis untuk menata karya seni

Menata karya seni di ruang tamu bisa menghasilkan suasana yang berbeda. Tidak hanya memberikan visual yang menarik, tetapi menata karya seni dengan tepat dapat memicu pembicaraan dan seringkali menjadi sentuhan akhir yang menggabungkan seluruh skema desain ruangan. 

Rak yang ada di ruang tamu tak harus selalu diisi dengan buku. Anda bisa memajang benda-benda seni di dalamnya. Anda juga tidak perlu takut untuk meletakan banyak warna dan pola saat menata karya seni tersebut. 

Demikian cara menata ruang tamu kecil. Semoga informasi ini bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News