Bugar

Ini Dampak Jangka Panjang dari Polusi Udara Bagi Kesehatan

Ini Dampak Jangka Panjang dari Polusi Udara Bagi Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Kualitas udara di Indonesia yang tak sehat, khususnya di Jakarta, masih jadi sebuah persoalan hingga kini. Bahkan, berdasarkan data IQAir tanggal 24 Agustus pukul 16:00 WIB, indeks kualitas udara Jakarta berada di angka 137 dengan konsentrasi PM 2.5 10 kali nilai panduan kualitas udara tahunan WHO.

Polusi udara yang terjadi ini tentu berdampak pada kesehatan masyarakat. Agus Dwi Susanto, Ketua Bidang Penanggulangan Penyakit Menular PB IDI mengatakan, di jangka pendek berbagai dampaknya mulai dari iritasi dari mukosa seperti mata yang merah dan berair, kulit kering dan gatal, bersin, hidung berair, sakit tenggorokan, batuk-batuk hingga sesak napas.

Bahkan, dampak akutnya bisa menyebabkan  infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) dan serangan yang lebih sering bagi orang yang sudah memiliki  asma, penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), serta penyakit jantung.

Ternyata, bukan hanya dampak jangka pendek, ada juga dampak jangka panjang yang bisa dihadapi oleh masyarakat. Menurut Agus, dampak ini yang sering tidak diperhatikan.

"Bila terkena polutan tiap hari, berbulan-bulan, bertahun-tahun dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan yang muncul di kemudian hari. Misalnya terjadi penurunan fungsi paru, terjadinya penyakit asma yang sebelumnya pernah, dan terjadi PPOK terjadinya Penyakit paru obstruktif, bahkan risiko kanker paru," ujarnya.

Baca Juga: Kenali 5 Penyebab Tangan Kaku yang Terjadi pada Orang Dewasa, Waspada!

Bukan hanya itu, ada pula dampak jangka panjang di luar paru. Beberapa di antaranya adalah  munculnya penyakit jantung, stroke, gangguan kognitif dan stunting.

"Dan ini semua disebabkan dari partikulat matter (PM) dari polutan tersebut. PM bisa masuk sampai ke dalam darah menyebabkan terjadinya oxidatif stres, peradangan sistemik yang akhirnya berdampak pada terganggunya sistem pembuluh darah yang menyebabkan risiko terjadinya penyakit jantung dan stroke, ujar Agus.

Agus juga mengatakan, beberapa cara untuk mencegah berbagai dampak polusi ini adalah menggunakan masker, sesering mungkin memantau kualitas udara, menjaga stamina tubuh, menjaga kualitas udara di dalam ruangan, hingga melakukan konsultasi ke dokter bila muncul gejala yang berkaitan dengan polusi udara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News