Bugar

Ini Cara Sederhana untuk Menghilangkan Mikroplastik dari Air Minum Anda

Ini Cara Sederhana untuk Menghilangkan Mikroplastik dari Air Minum Anda

MOMSMONEY.ID - Untuk terhindar dari bahaya, lakukan cara sederhana untuk menghilangkan mikroplastik dari air minum Anda.

Mikroplastik telah menjadi perhatian global karena dampaknya terhadap lingkungan dan kesehatan manusia. Salah satu sumber utama mikroplastik adalah air minum kita.

Bahkan, air yang terlihat bersih dan jernih bisa saja mengandung partikel mikroplastik yang tidak terlihat oleh mata telanjang.

Namun, ada cara sederhana untuk menghilangkan mikroplastik dari air minum Anda. Bagaimanakah caranya?

Baca Juga: Serupa Tapi Tak Sama, Ini Lo Perbedaan Jerawat dan Bisul

Menyadur dari Science Alert, para ahli kini telah menemukan metode yang sederhana namun efektif untuk menghilangkan mikroplastik dari air.

Sebuah tim peneliti dari Guangzhou Medical University dan Jinan University di China telah melakukan serangkaian uji coba pada air lunak dan air keran keras, yang keduanya memiliki karakteristik mineral yang berbeda.

Mereka menambahkan nanoplastik dan mikroplastik ke dalam air, kemudian merebusnya sebelum menyaring endapan yang dihasilkan. Hasilnya menunjukkan, hingga 90 persen mikroplastik dapat dihilangkan melalui proses perebusan dan penyaringan ini.

Meskipun efektivitasnya bervariasi tergantung jenis air yang digunakan, proses ini dapat dengan mudah dilakukan oleh kebanyakan orang dengan peralatan yang sudah ada di dapur mereka.

Baca Juga: Benarkah Minum Air Hangat Bisa Menurunkan Berat Badan? Cek Faktanya di Sini!

Pada pengujian tersebut, terungkap bahwa konsentrasi mikroplastik yang lebih tinggi dapat dihapus dari air keran keras, yang biasanya menghasilkan lapisan kapur saat dipanaskan.

Di sisi lain, sekitar seperempat dari mikroplastik dalam air lunak dapat disaring dengan menggunakan metode ini.

Fragmen plastik yang tertinggal pada lapisan kapur kemudian dapat disaring dengan menggunakan filter sederhana seperti jaring stainless steel.

Studi sebelumnya telah menunjukkan bahwa air minum yang biasa kita konsumsi setiap hari mengandung fragmen polystyrene, polyethylene, polypropylene, dan polyethylene terephthalate.

Untuk memperkuat strategi ini, peneliti menambahkan lebih banyak partikel nanoplastik ke dalam sampel air, yang akhirnya berkurang jumlahnya.

Meskipun masih belum diketahui dengan pasti dampak mikroplastik terhadap tubuh manusia, sudah jelas bahwa mengkonsumsi mikroplastik tidaklah sehat. Plastik telah dikaitkan dengan gangguan pada mikrobioma usus serta resistensi tubuh terhadap antibiotik.

Baca Juga: Asli atau Palsu, Ini 9 Cara Cek Keaslian Madu Murni Menurut Para Ahli

Tim peneliti berharap bahwa dengan melakukan minum air matang dapat menjadi praktik yang lebih umum karena kekhawatiran akan dampak plastik semakin meningkat.

Mereka juga berencana untuk melakukan penelitian lebih lanjut tentang bagaimana air matang dapat mencegah masuknya bahan-bahan sintetis ke dalam tubuh kita, serta untuk mengetahui efek negatif mikroplastik yang semakin mengkhawatirkan.

Demikianlah pembahasan lengkap terkait cara sederhana untuk menghilangkan mikroplastik dalam air minum. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News