Keluarga

Ini Cara Mudah Memperbaiki Kepala Shower alias Pancuran yang Bocor!

Ini Cara Mudah Memperbaiki Kepala Shower alias Pancuran yang Bocor!

MOMSMONEY.ID - Kepala shower yang bocor bisa membuat Anda sulit tidur karena suaranya dan tentu ini adalah pemborosan air yang besar. Lalu bagaimana cara memperbaiki kepala shower yang rusak?

Melansir The Spruce, Anda dapat memperbaiki kepala shower atau pancuran yang bocor tanpa bantuan tukang ledeng lo. Masalahnya mungkin pada kepala shower itu atau kartrid keran yang mengontrol aliran air.

Baca Juga: 4 Cara Mudah Rawat Rambut Pasangan Alias Hair Extension

Perhatikan baik-baik. Jika kepala pancuran bocor saat keran dalam posisi On, maka ada penumpukan yang menyumbat di bagian kepala shower. Namun, jika kepala shower bocor saat keran dalam posisi off maka sisipan kartrid sudah tua atau rusak sehingga harus diganti. 

Peralatan yang dibutuhkan untuk memperbaiki kepala shower

  1. Sikat gosok kecil
  2. Mangkuk plastik
  3. Tang kunci saluran
  4. Set kunci pas hex
  5. Obeng
  6. Pisau serbaguna

Bahan yang dibutuhkan untuk memperbaiki kepala shower

  • Cuka putih
  • Pita segel benang
  • Kartrid keran shower baru
  • Handuk

Baca Juga: 5 Cara Mudah Detoks Kulit agar Glowing dan Bebas Jerawat, Cobain Yuk!

Cara memperbaiki kepala shower yang bocor
Lepaskan kepala pancuran, pastikan pegangan keran shower sepenuhnya dalam posisi off. Dengan tangan, putar kepala pancuran berlawanan arah jarum jam dari ujung berulir lengan pancuran. 

Periksa dan bersihkan kepala pancuran. Di dalam shower, akan ada cincin karet berbentuk O dan beberapa bagian lainnya. Pastikan komponen tersebut dalam kondisi utuh dan tidak ada sumbatan. Jika kotor, segera bersihkan. Rendam kepala shower dalam semangkuk cuka putih selama satu atau dua jam. Bilas bagian-bagiannya dengan air dingin sebelum memasangnya kembali. 

Membersihkan leher shower

Bersihkan uliran pada lengan shower dengan sikat gosok nilon. Pasang kembali kepala shower dan kencangkan. Nyalakan shower dan lihat apakah masih bocor atau tidak. 

Baca Juga: Ini Cara Atasi Sakit Kepala Akibat Asam Lambung Kumat

memperbaiki kartrid keran yang rusak
Namun jika yang bermasalah adalah kartrid pada keran, maka matikan aliran air dan bongkar pada bagian kartrid. Keluarkan kartrid dari badan keran dan ganti dengan yang baru. 

Itu tadi cara memperbaiki kepala shower dengan mudah. Segera panggil jasa profesional jika kepala shower masih bocor setelah Anda perbaiki. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News