Santai

3 Cara Mudah Membersihkan dan Mempertajam Indra Penciuman

3 Cara Mudah Membersihkan dan Mempertajam Indra Penciuman

MOMSMONEY.ID - Mudah, cara berikut ini bisa Anda gunakan untuk membersihkan dan mempertajam indra penciuman Anda.

Menurunnya tingkat ketajaman indera penciuman atau anosmia pernah menjadi masalah serius saat kasus Covid-19 muncul.

Namun, untung saja gangguan penciuman bisa diatasi dengan cara mudah dan bisa dilakukan di rumah.

Meski tak lagi jadi masalah serius, tapi wajib jadi perhatian juga, ya, jika indera penciuman mulai melemah dan tidak bekerja efektif.

Untuk merawat indra penciuman, membersihkan, dan mempertajamnya, coba lakukan beberapa cara berikut ini.

Baca Juga: Yuk, Mulai Pakai Air Beras Untuk Rawat Wajah! Ternyata Ini 4 Manfaatnya

Perbanyak konsumsi vitamin B12

Kehilangan penciuman adalah tanda tubuh sedang kekurangan vitamin B12. Mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B12 seperti telur, daging, ikan, susu, dan produk hewani lainnya dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin B12 dalam tubuh.

Jika perlu Anda bisa menambahkan multivitamin B12 dari suplemen untuk Anda konsumsi. Namun, pastikan bahwa Anda mengonsumsi dengan dosis yang tepat, ya.

Irigasi nasal

Untuk membuat larutan nasal yang Anda butuhkan hanyalah satu sendok teh garam, satu sendok teh baking soda, serta air bersih.

Cara mudah mengaplikasikan cairan ini adalah dengan menggunakan pompa atau botol suntik. Kemudian, masukkan cairan ini melalui lubang hidung Anda.

Baca Juga: 5 Manfaat Rutin Konsumsi Multivitamin, Salah Satunya Bisa Terhindar Pikun

Air garam dipercaya dapat menjadi cara efektif untuk membersihkan hidung dari kotoran dan alergi. Dengan menggunakan rutin setiap hari, maka cairan ini akan dapat membantu membersihkan dan merawat fungsi indra penciuman Anda.

Latihan membau

Cara ini dapat dilakukan dengan mudah setiap hari di rumah. Metode ini kerap disarankan dokter untuk membantu mengembalikan penciuman. Anda dapat menggunakan bahan bahan di rumah yang memiliki bau kuat seperti minyak kayu putih, kopi, bunga, atau rempah-rempah.

First Post juga merekomendasikan teknik mengendus bau yang ada di hadapan Anda. 20 detik adalah waktu minimal yang direkomendasikan untuk latihan ini.

Ulangi metode tadi secara rutin tiga kali sehari selama enam minggu. Sebab, dengan mengendus bahan-bahan tersebut selama 20 detik atau lebih, Anda dapat membantu otak Anda untuk kembali mengenali bau serta mempertajam indra penciuman.

Nah, itulah tadi cara mudah untuk merawat kebersihan hidung serta meningkatkan fungsi indra penciuman. Lakukan secara rutin agar peroleh hasil maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News