Santai

Ini Cara Mencuci Jaket Kulit dengan Tepat

Ini Cara Mencuci Jaket Kulit dengan Tepat

MOMSMONEY.ID - Jaket kulit tentu bukan barang yang murah, sehingga penting untuk mempelajari cara mencuci jaket kulit dengan tepat. 

Cara mencuci jaket kulit dengan tepat bisa membuat jaket Anda terlihat seperti baru. Selain itu, Anda bisa menghindari robekan atau retakan pada kulit. 

Perawatan jaket kulit cukup rumit. Jaket kulit tidak bisa dicuci dengan sabun yang keras, digosok dengan keras dan langsung terkena matahari. Jika Anda melakukannya maka kulut jadi kering dan kaku sehingga mudah rusak.

Melansir Real Simple, Anda harus mengetahui jenis kulit jaket Anda. Suede, nubuck, dan kulit vegan semuanya memiliki instruksi perawatan yang berbeda.

Selain itu, pastikan juga saat membeli produk pembersih jangan menggunakan yang berbasis amonia dan pemutih. Keduanya bisa merusak produk kulit.

Jangan mencuci jaket kulit dengan mesin cuci. Membuat kulit terlalu basah juga bisa menghilangkan minyak alami dalam kulit dan merusak jaket.

Baca Juga: Cara Cuci Karpet supaya Benar-Benar Bersih

Lebih lanjut, jika Anda memakai jaket kulit setiap hari, maka bersihkan setiap enam bulan sekali. Namun jika Anda hanya memakai sesekali saja, Anda bisa membersihkan setahun sekali.

Hanya saja, jika Anda menumpahkan sesuaitu ke jaket kulit, maka segera bersihkan noda tersebut.

Begini cara mencuci jaket kulit dengan tepat

Bersihkan dengan kain lembut

Lap dengan kain lembut dan kering secara teratur untuk menghilangkan debu di permukaan jaket kulit.

Gunakan air dan spons lembut

Cara mencuci jaket kulit selanjutnya, bersihkan dengan kembut menggunakan spons basah. Mulai dari tengah ke tepi sehingga tidak ada cincin yang terbentuk. Jangan menggosok kulitnya ya!

Baca Juga: Cara Hemat Air Meski Mencuci dengan Mesin Cuci

Gunakan produk pembersih ringan

Gunakan detergen cair dengan kandungan yang ringan. Basahi kain atau spons sedikit ke dalam larutan sabun dan gosok dengan lembut. Jika ada noda dan bintik-bintik yang sulit hilang, coba gunakan tisu pembersih kulit khusus. 

Bilas jaket kulit

Jika Anda sudah menggosok jaket kulit Anda, sekarang gunakan kain basah yang dicelupkan ke dalam air bersih untuk menghilangkan sisa deterjen.

Keringkan dengan cepat

Cara mencuci jaket kulit selanjutnya, masuk ke tahap mengeringkan. Gunakan handuk lembut dan kering untuk menghilangkan air dari jaket.

Kemudian, gantung jaket Anda di dalam rumah yang memiliki ventilasi baik dan mendapatkan sinar matahari secara tidak langsung. Gantung selama minimal 24 jam.

Baca Juga: Cara Cuci Karpet supaya Benar-Benar Bersih

Gunakan conditioner kulit

Conditioner kulit membantu menjaga jaket kulit Anda tetap lembut dan kenyal. Setelah kering dan bersih, aplikasikan conditioner. Namun, uji dulu di area yang kecil sebelum mengaplikasikannya ke seluruh jaket. Oleskan sedikit saja jangan terlalu banyak. 

Lebih lanjut, jika jaket kulit Anda terkena noda darah, urin, produk rambut, riasan, lem, minyak dan noda cat maka cara mencucinya adalah bawa ke jasa pembersih profesional. Sebab, noda-noda ini sulit dihilangkan. 

Selanjutnya: Simak Cara Membersihkan Lantai Kamar Mandi Berikut Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News