Keluarga

Cara Hemat Air Meski Mencuci dengan Mesin Cuci

Cara Hemat Air Meski Mencuci dengan Mesin Cuci

MOMSMONEY.ID - Cara menghemat air saat mencuci dengan mesin cuci ini perlu Anda ikuti untuk mencegah terjadinya krisis air bersih.

Melansir The Spruce, mesin cuci rata-rata menggunakan air sebanyak 117 liter untuk mencuci hingga pakaian bersih dan siap dikeringkan. Ada mesin cuci yang juga membutuhkan hingga 140 liter. 

Jumlah air yang digunakan mesin cuci Anda per beban tergantung pada banyak faktor, termasuk jenis mesin cuci, siklus yang Anda pilih, dan banyak lagi. 

Bayangkan apabila kita mencuci baju setiap hari, berapa air bersih yang kita butuhkan. Ini menunjukan kita sangat tergantung pada air bersih. Jika air bersih semakin sedikit, maka banyak pekerjaan kita yang akan terbengkalai.

Baca Juga: Resep Bir Pletok si Minuman Rempah Non-Alkohol yang Lancarkan Peredaran Darah

Namun, ada beberapa cara untuk menghemat air dengan mesin cuci Anda, apa pun modelnya.

Cara menghemat air saat mencuci mesin cuci

Hindari mengisi mesin cuci Anda secara berlebihan

Jika Anda mengisi mesin cuci dengan cucian, itu akan membutuhkan lebih banyak air untuk menyelesaikan pekerjaan. Pastikan untuk menghindari memasukkan terlalu banyak barang dalam satu kali siklus cuci hingga bersih untuk menghemat konsumsi air dan energi.

Lewati  bilasan tambahan

Bila Anda melakukan ekstra bilasan, maka kebutuhan air bersih semakin banyak. Selain tak bijak, tindakan ini bisa meningkatkan biaya tagihan air untuk yang berlangganan air.

Oleh karena itu, bijaklah dalam menggunakan takaran deterjen. Sehingga cucian tetap bersih dengan siklus pembilasan biasa dan bisa hemat air.

Bersihkan dulu kain atau pakaian bernoda

Pra-perawatan noda dapat membantu Anda memaksimalkan siklus pencucian dan menghindari potensi perlunya pencucian kedua. Anda bisa langsung membersihkan noda yang membekas pada pakaian. Jika sudah memudar bisa campur dengan pakaian lain yang siap dicuci dengan mesin cuci. 

Baca Juga: Berapa Kalori yang Dibutuhkan saat Diet? Cari Tahu di Sini!

Pilih pengaturan pencucian ramah lingkungan

Bila mesin cuci dilengkapi pengaturan ini sebaiknya manfaatkan dengan baik. Pengaturan ramah lingkungan akan merendam pakaian lebih lama untuk memastikannya bersih. Sehingga lebih sedikit air dan energi yang digunakan. Namun waktu pencucian akan lebih lama dari pada mode reguler.

Demikian informasi cara menghemat air dengan mesin cuci. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda ya, Moms!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News