Bugar

Ini Aturan Minum Air Putih saat Puasa Biar Tetap Kuat dan Anti Dehidrasi

Ini Aturan Minum Air Putih saat Puasa Biar Tetap Kuat dan Anti Dehidrasi

MOMSMONEY.ID - Yuk, cari tahu aturan minum air putih saat puasa yang bisa menjaga Anda tetap kuat dan tidak dehidrasi.

Memasuki bulan puasa, menjaga asupan cairan tubuh menjadi tantangan tersendiri. Dehidrasi bisa menjadi salah satu masalah yang sering dihadapi, mengingat waktu untuk mengonsumsi air putih terbatas hanya pada malam hari hingga sahur.

Namun, dengan strategi yang tepat, Anda bisa menjaga tubuh tetap terhidrasi selama berpuasa. Momsmoney akan mengulas tentang aturan minum air putih serta tips untuk mencegah dehidrasi. Simak, yuk!

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Sembelit saat Puasa, Wajib Tahu!

Aturan minum air putih saat puasa

Kebutuhan air setiap orang berbeda, tergantung pada berbagai faktor seperti usia, jenis kelamin, berat badan, kondisi kesehatan, dan tingkat aktivitas fisik. Namun, aturan umum yang sering disarankan adalah minum sekitar 8 gelas atau 2 liter air setiap hari.

Selama bulan Ramadan, upaya untuk memenuhi kebutuhan hidrasi ini harus disesuaikan dengan waktu berbuka puasa (iftar) hingga sahur.

Baca Juga: Lakukan 4 Cara Ini untuk Mengatasi Asam Lambung Naik saat Puasa

Tips biar tidak dehidrasi saat puasa

Melansir dari laman Dokter Sehat, di bawah ini adalah tips biar tidak dehidrasi saatpuasa:

1. Distribusikan konsumsi air Anda

Bagi waktu untuk minum air dari saat berbuka hingga sahur. Mulailah dengan minum 2 gelas air saat berbuka, kemudian tambahkan lagi beberapa gelas di antara waktu berbuka dan sahur. Pastikan untuk minum 2 gelas lagi saat sahur untuk memaksimalkan hidrasi sebelum memulai puasa.

2. Hindari minuman berkafein

Minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh bisa meningkatkan frekuensi buang air kecil, yang pada akhirnya bisa mempercepat kehilangan cairan tubuh. Jika Anda seorang penggemar minuman berkafein, batasi konsumsinya.

Baca Juga: 7 Obat Penurun Gula Darah Alami yang Bisa Anda Coba

3. Konsumsi makanan yang kaya akan air

Buah-buahan dan sayuran yang kaya air seperti semangka, timun, stroberi, dan tomat dapat membantu menjaga hidrasi. Mengonsumsi makanan ini saat berbuka atau sahur adalah cara yang baik untuk menambah asupan cairan tanpa harus minum banyak air.

4. Hindari makanan asin dan pedas

Makanan yang tinggi garam atau pedas dapat meningkatkan kebutuhan tubuh akan air. Cobalah untuk mengurangi konsumsi makanan jenis ini selama bulan Ramadan untuk menghindari rasa haus yang berlebihan dan mempertahankan hidrasi tubuh.

Baca Juga: Bahaya Terus Konsumsi Makanan yang Digoreng bagi Kesehatan

5. Pilih aktivitas fisik yang tepat

Melakukan aktivitas fisik di waktu yang tepat juga penting untuk menghindari dehidrasi. Berolahraga di malam hari setelah berbuka atau sebelum sahur adalah pilihan terbaik untuk mencegah kehilangan cairan tubuh melalui keringat.

Itulah ulasan lengkap tentang aturan minum air putih saat puasa serta tips biar tidak dehidrasi. Semoga bermanfaat dan selamat berpuasa!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News