Keluarga

Ini Alasan Kenapa Anda Wajib Pakai Spons Khusus Untuk Cuci Piring

Ini Alasan Kenapa Anda Wajib Pakai Spons Khusus Untuk Cuci Piring

MOMSMONEY.ID - Banyak dari kita memiliki spons di rumah untuk mencuci piring, yang kemudian kita gunakan untuk membersihkan kompor atau meja dapur.

Menggunakan satu spons untuk membersihkan semua benda kotor di dapur terdengar sebagai ide yang hemat dan mudah, namun melansir House Digest ternyata cara ini bisa membawa masalah lo Moms!

Baca Juga: Alat TeleCTG Bisa Ketahui Risiko Dini Pada Ibu Hamil

Sudah umum bahwa kita sering kali menggunakan spons untuk mencuci piring dan peralatan masak yang tadinya digunakan sebagai wadah daging segar. Tak hanya itu, sekotor apapun peralatan masak dan makan spons adalah pahlawan untuk membersihkannya. 

Melihat kebiasaan ini seharusnya Moms tidak menggunakan spons yang sama untuk membersihkan semua benda kotor di dapur. Menggunakan spons yang sama dapat menebarkan bakteri ke seluruh dapur lo!

Sekali bakteri sudah mengkontaminasi spons, bakteri akan bertahan lama di spons. Tekstur spons yang berpori-pori menyebabkan bakteri dan kelembapan mudah terjebak dan jadi tempat berkembang biaknya bakteri. Melansir Institute of Food Science & Technology, bakteri di spons bisa bertahan selama beberapa jam hingga satu hari penuh. 

Jadi sebaiknya gunakan spons yang berbeda untuk pekerjaan yang berbeda. Faktanya spons adalah benda paling kotor yang ada di dapur. Spons menyimpan jutaan bakteri termasuk Salmonella, E. Coli dan campylobakteri yang bisa menyebar di seluruh permukaan dan menyebabkan infeksi dan keracunan makanan. Tandanya termasuk muntah, diare, kram perut, sakit kepala, kelelahan dan demam. 

Baca Juga: Daftar 8 Makanan Paling Asam di Dunia, Bikin Mulut Langsung Mengerut!

Jika Anda masih ingin menggunakan spons cara terbaik mencegah bakteri dan kuman menyebar adalah menggunakan spons yang berbeda untuk setiap pekerjaan di dapur. Misalanya satu spons khusus untuk mencuci piring kotor dan sisanya untuk membersihkan meja dan kompor. 

Anda juga bisa menyiapkan satu spons khusus untuk membershkan oven dan microwave. Kuncinya adalah pastikan semua anggota keluarga mengetahui perbedaan fungsi setiap spons yang ada di rumah. 

Spons juga perlu sering dibersihkan. Anda bisa menggunakan microwave untuk membunuh 99% kuman di dalam spons. Cuci spons dua kali seminggu. Caranya gunakan sabun, gosok, peras dan bilas. Setelah itu masukkan ke microwave salama satu menit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News