Keluarga

Ini 6 Bahan Pakaian yang Tidak Boleh Dicuci dengan Mesin Cuci

Ini 6 Bahan Pakaian yang Tidak Boleh Dicuci dengan Mesin Cuci

MOMSMONEY.ID - Mulai dari wol hingga kulit, ini 6 bahan pakaian yang tidak boleh dicuci dengan mesin cuci ya.

Mulai dari pakaian terbuat dari bahan sutra hingga sweter wol yang nyaman, kita semua memiliki beberapa pakaian favorit. Namun, perawatannya juga membutuhkan perhatian ekstra. 

Salah satu yang perlu diperhatikan adalah beberapa bahan pakaian yang tidak boleh dicuci dengan mesin cuci. Untuk menjaga bentuknya, beberapa bahan pakaian, lebih baik dicuci dengan tangan atau secara manual.

Memasukkan bahan pakaian yang halus ke dalam mesin cuci bisa merusak pakaian yang Anda sukai. Melansir Martha Stewart, berikut beberapa bahan pakaian yang tidak boleh dicuci dengan mesin cuci.

Baca Juga: Bisa Rusak, Jangan Cuci Benda-benda ini Pakai Sabun Cuci Piring

6 bahan pakaian yang tidak boleh dicuci dengan mesin cuci

Kasmir dan wol

Pakaian yang terbuat dari kasmir dan wol tidak boleh dicuci denganmesin cuci. Serat akan menyusut bahkan sobek jika terkena mesin pemutar pada mesin cuci.

Sebaiknya, cuci pakaian dari kasmir dan wol dengan tangan untuk menghindari sobekan dan perubahan bentuk.

Untuk mencucinya, isi ember dengan air dan tambahkan pemberish yang lembut. Rendam pakaian yang terbuat dsri kasmir dan wol dan putar-putar dalan air.

Kemudian biarkan terendam hingga setengah jam, tiriskan dan bilas hingga airnya bening. Hindari memerasnya karena bisa merusak pakaian. 

Baca Juga: Ini Kebiasaan yang Perlu Diterapkan untuk Menjaga Dapur Tetap Rapi

Sutra

Biasanya, pakaian yang terbuat dari sutra memiliki label perawatan dengan metode cuci kering. Biasanya metode ini perlu Anda bawa ke jasa laundry. Namun, Anda bisa mencucinya sendiri di rumah. 

Tapi, pakaian yang terbuat dari sutra sebaiknya tidak dicuci dengan mesin cuci. Perlu Anda cuci dengan tangan untuk menghindari risiko penyusutan, tersangkut dan kerusakan lainnya.

Cara mencuci pakaian dari sutra perlu menggunakan air dingin dan deterjen lembut. Kemudian saat menjemur, jangan di tempat yang langsung terkena sinar matahari. 

Bra

Pakaian yang tidak boleh dicuci dengan mesin cuci selanjutnya adalah bra. Pengait pada bra tidak hanya berisiko tersangkut pada pakaian lain, tetapi tali dan pita bra juga bisa meregang dan kehilangan bentuknya jika dicuci dengan mesin cuci. 

Baca Juga: Ini Risiko Meletakkan Microwave di Atas Kulkas, Jangan Coba-Coba

Pakaian terstruktur

Rok lipat, jas dan jaket dengan bantalan baju adalah jenis pakaian yang mudah berubah bentuknya jika dicuci dengan mesin cuci. Jadi jangan cuci menggunakan mesin cuci untuk pakaian-pakaian terstruktur seperti itu. 

Pakaian dengan hiasan

Jika Anda memiliki baju kondangan yang penuh dengan payet dan sulaman manik-manik, jangan pernah dicuci dengan mesin cuci. Sebab, hiasan akan tersangkut di mesin cuci.

Untuk mencuci secara manual jenis pakaian ini, gunakan sedikit air hangat dan deterjen ringan. Aduk barang tersebut hingga berbusa dan biarkan selama 20 menit. Jika sudah bilas dan langsung jemur hingga kering, jangan pernah memerasnya. 

Kulit

Kulit asli dapat menyusut sebagai reaksi terhadap air. Jadi jika tidak punya alasan yang kuat, jangan mencuci jaket atau baju kulit. Jika ada noda, gunakan tisu basah bayi untuk membersihkan area khusus yang bernoda tersebut. 

Itu tadi daftar bahan pakaian yang sebaiknya tidak dicuci dengan mesin cuci. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Selanjutnya: BUMN Surveyor Indonesia Membuka Lowongan Kerja Terbaru 2024, Banyak Posisi Dibuka

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News