Santai

Ini 5 Manfaat Susu Kambing yang Perlu Diketahui, Sudah Pernah Coba?

Ini 5 Manfaat Susu Kambing yang Perlu Diketahui, Sudah Pernah Coba?

MOMSMONEY.ID - Bukan cuma enak dikonsumsi dagingnya, ada juga manfaat susu kambing yang penting untuk diketahui.

Daging kambing dikenal memiliki khasiat yang bagus dan rasa yang enak bagi sebagian orang yang menyukainya.

Namun, ada juga bagian kambing lainnya yang punya khasiat bagus bagi kesehatan. Yaitu adalah susu kambing.

Apakah Anda salah satu yang mengetahui manfaat susu kambing? Jika bukan, intip beberapa daftar manfaat susu kambing berikut ini, yuk.

Baca Juga: 6 Minuman Sehat Pengganti Kopi Ini, Bisa Tambah Energi Juga lo

Minim reaksi alergi

Susu sapi kerap kali menimbulkan dampak alergi bagi yang tidak tawar. Para dokter biasanya akan merekomendasi susu selain susu sapi bagi yang memiliki kondisi alergi.

Di samping susu kedelai dan almon, ada juga susu kambing yang dikenal minim menimbulkan reaksi alergi bagi kondisi tersebut. Namun, tetap pastikan untuk mengonsumsi susu kambing dengan dosis yang diberikan dokter, ya.

Mengontrol kadar kolesterol

Siapa sangka bahwa susu kambing bagus untuk mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Menurut penelitian pada laman Web MD, susu kambing bisa membantu mengurangi kadar kolesterol pada seseorang yang memiliki kolesterol tinggi.

Penelitian menunjukkan bahwa susu kambing dapat membantu menurunkan kolesterol di arteri dan kandung empedu. Yang pada akhirnya dapat membantu orang untuk mengontrol kolesterolnya dengan lebih mudah.

Baca Juga: Serupa Tapi Tak Sama, Ini Beda Ice Cream, Gelato, dan Sorbet

Tinggi protein

Meskipun alternatif susu lain dikenal lebih ramah bagi para vegan, sering kali susu seperti almon dan kedelai mengandung sedikit atau bahkan tidak mengandung protein sama sekali. Sedangkan, susu kambing mengandung 8 gram protein per cangkir.

Sehingga, susu kambing bisa menjadi opsi bagi yang ingin meningkatkan kadar protein dalam tubuh.

Tinggi kalsium dan mineral

Meski sama-sama susu, susu kambing ternyata lebih banyak mengandung kalsium dan mineral lain dibanding susu sapi.

Melansir laman Good House Keeping, susu kambing secara alami merupakan sumber kalsium, magnesium, dan potasium yang sangat baik. Susu kambing juga mengandung vitamin A dalam lemak susu yang setara dengan kandungan nabati.

Mudah dicerna

Orang yang kesulitan mencerna susu sapi mungkin bisa lebih mentoleransi susu kambing. Susu kambing pun mengandung laktosa dan tidak cocok dikonsumsi untuk penderita intoleransi laktosa.

Namun, susu ini memiliki persentase rantai asam lemak pendek dan menengah yang lebih tinggi dibandingkan susu sapi. Jenis asam lemak ini dicerna lebih cepat dan mudah dibandingkan asam lemak rantai panjang.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat dan khasiat susu kambing untuk kesehatan. Apakah Anda tertarik mencobanya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News