Keluarga

5 Sayuran Murah yang Ampuh Mengontrol Gula Darah Penderita Diabetes, Konsumsi Rutin!

5 Sayuran Murah yang Ampuh Mengontrol Gula Darah Penderita Diabetes, Konsumsi Rutin!

MOMSMONEY.ID - Cari tahu 5 sayuran murah yang ampuh mengontrol gula darah penderita diabetes di sini.

Dari banyaknya sayuran yang ada, beberapa di antaranya terbukti bermanfaat bagi para penderita diabetes karena dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Dalam hal mengontrol gula darah, sayuran-sayuran ini mungkin bisa membantu lebih dari sayuran lainnya.

Meskipun tidak ada sayuran yang berdampak negatif pada gula darah, namun sayuran yang kaya serat, protein, dan vitamin spesifik akan sangat membantu menjaga gula darah tetap terkendali.

Kira-kira, sayuran apa saja yang termasuk? Terjangkau dan mudah ditemukan di mana-mana, inilah 5 sayuran murah yang ampuh mengontrol gula darah penderita diabetes sebagaimana dilansir dari Eat This, Not That! dan EatingWell.

Baca Juga: Bantu Kontrol Gula Darah, Ini 4 Minuman Teh Terbaik untuk Penderita Diabetes

1. Brokoli

Brokoli

Sayuran murah yang ampuh mengontrol gula darah penderita diabetes pertama adalah brokoli.

Serat merupakan kunci dalam membantu mengontrol kadar gula darah. Termasuk karbohidrat kompleks, serat tidak dapat dicerna. Itu artinya, darah tidak akan menyerap serat dengan cara yang sama seperti jenis karbohidrat lainnya.

Salah satu sayuran tinggi serat adalah brokoli. Tak hanya mampu mengontrol gula darah, kandungan serat dalam brokoli juga dapat bertindak seperti probiotik yang membantu bakteri baik di usus berkembang. Selain kaya serat, brokoli juga rendah gula alami dan sangat mengenyangkan sehingga ramah untuk para penderita diabetes.

2. Terong

Terong

Sayuran murah yang ampuh mengontrol gula darah penderita diabetes kedua adalah terong.

Terong merupakan sayuran padat nutrisi sekaligus ramah gula darah. Dalam setengah cangkir terong matang, ada sekitar 0,4 gram protein dan 1,25 gram serat.

Adapun kandungan protein dan serat dapat memperlambat seberapa cepat karbohidrat diserap dalam darah. Pada gilirannya, hal tersebut bisa membantu menjaga gula darah tetap terkendali.

3. Bayam

Makanana Sehat bayam

Sayuran murah yang ampuh mengontrol gula darah penderita diabetes ketiga adalah bayam.

Bagi Anda yang ingin mengatur kadar gula darah, bayam merupakan salah satu sayuran berdaun hijau terbaik yang bisa Anda pilih.

Sebagai sumber vitamin A yang sangat baik, bayam patut dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Mengapa demikian? Pasalnya, vitamin A berperan penting dalam membantu menurunkan gula darah dan kekurangan vitamin A diketahui dapat mempengaruhi kadar insulin yang membantu mengatur kadar gula darah.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Serum Jerawat Pria Terbaik yang Ampuh Atasi Jerawat Membandel

4. Kembang kol

Kembang kol

Sayuran murah yang ampuh mengontrol gula darah penderita diabetes keempat adalah kembang kol.

Kembang kol bisa menjadi makanan pendamping yang bagus untuk membantu menjaga kadar gula darah pada penderita diabetes.

Selain ramah bagi penderita diabetes karena rendah karbohidrat, kembang kol juga kaya akan antioksidan fitonutrien sulforaphanes, glukosinolat, dan tiosinat yang telah terbukti mampu membantu melindungi tubuh dari penyakit kanker.

5. Timun

Timun

Sayuran murah yang ampuh mengontrol gula darah penderita diabetes kelima adalah timun.

Timun adalah sayuran tinggi air yang dapat membantu Anda tetap terhidrasi sekaligus merasa kenyang.

Ulasan pada tahun 2022 di jurnal Molecules menemukan bahwa anggota keluarga Cucurbitaceae termasuk timun dapat mengontrol kadar gula darah serta mengurangi peradangan di seluruh tubuh. Yang tak kalah penting, timun memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Nah, itulah 5 sayuran murah yang ampuh mengontrol gula darah penderita diabetes. Jangan lupa dicatat ya, Moms!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News