InvesYuk

Harga Emas Dunia Stabil di Dekat Puncak, Emas Antam Masih Rekor tertinggi

Harga Emas Dunia Stabil di Dekat Puncak, Emas Antam Masih Rekor tertinggi

MOMSMONEY.ID - Harga emas dunia hari ini stabil setelah melonjak ke rekor tertinggi kemarin. Relinya tak sekencang kemarin, setelah data ekspansi yang mengejutkan di sektor manufaktur AS.

Mengutip data Bloomberg, Selasa (2/4) pukul 13.05 WIB, harga emas spot diperdagangkan di level US$ 2.253,51 per troi ons, naik tipis dari level penutupan kemarin US$ 2.251,44 per troi ons.

Harga emas spot mencapai titik tertinggi sepanjang masa yakni US$ 2.265,73 pada Senin pagi, sebelum ditutup lebih landai. Logam mulia ini kemarin berakhir naik 1%, terdongkrak oleh data belanja konsumen yang lebih dingin dari perkiraan. Data yang dirilis Jumat lalu ini mendukung kemungkinan penurunan suku bunga dalam beberapa bulan mendatang.

Hanya, Bloomberg mencatat, rilis data produksi pabrik yang ekspansif, agak memadamkan optimisme tersebut dan memicu kenaikan yield obligasi di AS. 

Pasar swap kini memperkirakan peluang penurunan suku  bunga Federal Reserves pada Juni ini sebesar 56%, lebih rendah dari perkiraan kemarin yang mencapai 61%, sebelum data sektor manufaktur dirilis. Suku bunga yang lebih rendah pada aset lainnya, biasanya berdampak positif bagi emas, yang tidak menawarkan bunga.

Baca Juga: Lagi, Harga Emas Dunia Pecah Rekor Tertinggi

Sejatinya, reli harga emas yang telah mencapai 13% sejak pertengahan Februari lalu, dipicu sinyal pemotongan suku bunga Fed yang dinantikan, telah semakin dekat. Reli harga logam mulia juga terjadi di tengah ketegangan geopolitik yang meningkat dan permasalahan pada ekonomi China, yang meningkatkan daya tarik emas sebagai safe haven.

Pergerakan harga emas selanjutnya kemungkinan akan dipengaruhi rilis data tenaga kerja di AS pada Jumat. Pertumbuhan lapangan pekerjaan yang sehat disinyalir masih berlanjut pada bulan Maret, sementara pertumbuhan upah melambat.

Di dalam negeri, harga emas fisik Antam memperbarui rekor tertingginya lagi. Mengutip logammulia.com, harga emas Antam pecahan 1 gram dibanderol Rp 1,256 juta, naik senilai Rp 2.000 dibandingkan kemarin.

Dus, harga beli kembali alias buyback emas Antam ikut naik Rp 2.000 menjadi Rp 1,148 juta per gram. Ini adalah acuan harga apabila Moms menjual emas Antam pada hari ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News