InvesYuk

Harga Emas Dunia Stabil Antisipasi Data Inflasi Amerika, Emas Antam Stagnan

Harga Emas Dunia Stabil Antisipasi Data Inflasi Amerika, Emas Antam Stagnan

MOMSMONEY.ID - Harga emas dunia cenderung stabil hingga Senin (12/2) siang, setelah turun pada pekan lalu.  

Menurut data Bloomberg, pada perdagangan pukul 13.38 WIB, emas spot dihargai US$ 2.024,49 per troi ons. Harga emas dunia bergulir sangat tipis dari penutupan Jumat lalu yang berada di level US$ 2.024,26 per troi ons.

Emas spot belum bertenaga, setelah pekan lalu harganya tergerus 0,8%. Sehingga, sepanjang tahun ini berjalan, harga emas sudah turun hampir 2%.

Harga emas dunia hari ini enggan beranjak jauh, sebab para pedagang berhati-hati menjelang rilis data inflasi AS, yang akan menjadi petunjuk kapan dimulai penurunan suku bunga The Fed. Bloomberg mencatat, para ekonom menaksir, inflasi inti tahunan yang akan dirilis hari Selasa, sedikit turun ke tingkat 3,7%. Data ini mungkin memengaruhi langkah selanjutnya dari pejabat The Fed, yang mencari lebih banyak bukti bahwa inflasi terus melandai menuju target 2%, sebelum mereka menurunkan suku bunga.

Belum adanya kepastian mengenai kapan The Fed akan mulai melonggarkan kebijakan moneter, bikin perdagangan emas berada pada rentang harga yang sempit. Sebab, suku bunga yang masih tinggi berdampak negatif bagi emas, yang tidak menghasilkan bunga.

Baca Juga: Harga Emas Spot Lanjutkan Penurunan Harga

Mengutip riset Indonesia Commodity and Derivative Exchange (ICDX), Senin (12/2), para pengambil kebijakan The Fed secara konsisten menekankan untuk mempertahankan suku bunga hingga mereka mendapatkan lebih banyak bukti bahwa inflasi akan kembali ke 2% dan kondisi pasar tenaga kerja tetap optimis. 

ICDX memperkirakan, harga emas menurun dengan support saat ini beralih ke area US$ 2.010, dan resistance terdekat di area US$ 2.037 per troi ons. 

Nah, bagaimana pergerakan harga emas di dalam negeri, hari ini, Moms? 

Harga emas Antam terpantau stagnan. Mengutip logammulia.com, Senin (12/2), harga emas Antam pecahan 1 gram dibanderol Rp 1,135 juta, tidak beranjak dari harga kemarin. 

Sepekan lalu, harganya melorot Rp 7.000. Sehingga tahun ini berjalan, harga emas Antam sudah turun senilai Rp 9.000.

Baca Juga: Harga Emas Pegadaian Membuka Pekan Ini dengan Koreksi

Alhasil, hari ini, harga beli kembali atawa buyback juga tak bergerak. Harga buyback emas Antam tetap dibanderol Rp 1,030 juta per gram. Ini adalan patokan harga apabila Moms menjual emas Antam, hari ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News