Santai

Garuda Indonesia Group Angkut 80.243 Penumpang di Puncak Arus Balik Lebaran

Garuda Indonesia Group Angkut 80.243 Penumpang di Puncak Arus Balik Lebaran

MOMSMONEY.ID - Pada puncaik arus balik Lebaran 2024 pada Minggu (14/4), setidaknya ada 80.243 penumpang yang menggunakan Garuda Indonesia dan anak usahanya, Citilink.

Jumlah penumpang tersebut dari total sedikitnya 531 penerbangan, termasuk sekitar 53 extra flight.

Berdasarkan data, jumlah penumpang yang diterbangkan oleh Garuda Indonesia mencapai 37.541 penumpang, sementara Citilink mencatatkan jumlah penumpang sedikitnya sebanyak 42.702 penumpang.

Pada puncak arus balik tersebut, Garuda Indonesia Group mencatatkan sedikitnya peningkatan 6.000 pergerakan jumlah penumpang dibandingkan hari sebelumnya, Sabtu (13/4), di mana Garuda Indonesia Group menerbangkan sekitar 73.951 penumpang.

Tren pergerakan arus balik ini sudah mulai terlihat sejak H+2 Hari Lebaran dan diperkirakan masih akan berlangsung hingga 21 April 2024.

Sedangkan pada hari terakhir libur lebaran yang jatuh pada tanggal 15 April 2024, Garuda Indonesia Group memproyeksikan akan mengangkut sekitar 77.934 penumpang.

Baca Juga: KAI Beri Diskon bagi yang Mudik Belakangan, Cek Rutenya

Jumlah tersebut dari sedikitnya 36.000 penumpang yang dilayani Garuda Indonesia dan 41.000 penumpang yang dilayani oleh Citilink.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, momentum Lebaran tahun 2024 menjadi refleksi dari semakin pulihnya industri penerbangan setelah melewati situasi pandemi beberapa waktu lalu.

Dia bilang, peluang dari pertumbuhan penumpang ini harus disikapi secara optimal dengan menghadirkan pelayanan terbaik.

"Hal tersebut terus kami kedepankan demi mewujudkan optimisme dalam mencapai target perusahaan untuk mencapai catatan jumlah penumpang sebelum pandemi," kata Irfan dalam keterangan tertulis, Minggu (14/4).

Garuda Indonesia pun  berupaya mengoptimalkan seluruh kapasitas produksinya demi memastikan kelancaran operasional penerbangan berlangsung secara berkesinambungan.

Ini dilakukan dengan mengintensifkan koordinasi bersama ekosistem aviasi khususnya bersama pengelola layanan kebandarudaraan dalam memastikan kelancaran operasional penerbangan.

Baca Juga: Garuda Indonesia Buka Rute Penerbangan Langsung Jakarta-Doha

Untuk memberi pelayanan premium kepada masyarakat, Garuda Indonesia memberikan nilai tambah dengan memastikan ketepatan waktu penerbangan. Ini direpresentasikan melalui capaian rata-rata on-time performance mencapai di atas 84% dalam momentum peak season Lebaran tahun ini.

Dalam momentum puncak arus balik Lebaran tahun ini, Garuda Indonesia mencatatkan beberapa rute penerbangan yang menjadi favorit masyarakat seperti Denpasar, Surabaya, Medan, Yogyakarta, Singapura, Palembang, Makassar, Banjarmasin, Padang, dan Semarang.

Sementara Citilink mencatatkan beberapa rute yang menjadi preferensi utama masyarakat seperti Medan, Batam, Banjarmasin, Surabaya, dan Samarinda.

Khusus untuk penerbangan inbound menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang menjadi hub utama mobilisasi masyarakat dalam arus balik Lebaran, Garuda Indonesia Group menerbangkan sedikitnya 32.128 penumpang.

Garuda Indonesia menerbangkan 18.964 penumpang dan Citilink menerbangkan 13.358 penumpang dari total 191 penerbangan yang dioperasikan oleh Garuda Indonesia Group.

Jumlah tersebut masih terus bergerak dinamis mengingat arus balik lebaran tahun ini diproyeksikan masih akan terus berlangsung setidaknya hingga pekan depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News