Bugar

Dikenal Lezat, Ini 7 Khasiat Susu Jahe untuk Kesehatan Tubuh Anda

Dikenal Lezat, Ini 7 Khasiat Susu Jahe untuk Kesehatan Tubuh Anda

MOMSMONEY.ID - Dikenal mampu hangatkan badan, rupanya tersimpan sejumlah khasiat susu jahe untuk kesehatan tubuh, lo.

Susu jahe adalah minuman yang cukup populer di Indonesia. Minuman ini banyak dijual di pinggir jalan dengan harga yang ekonomis. 

MomsMoney telah merangkumkan beberapa khasiat susu jahe untuk kesehatan tubuh Anda di bawah ini, menyadur dari laman Halodoc:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Jahe dikenal memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan yang kuat, yang membantu memperkuat sistem kekebalan. Kandungan ini melindungi tubuh dari radikal bebas dan patogen yang menyebabkan penyakit. Namun, susu jahe tidak disarankan untuk anak di bawah satu tahun.

Baca Juga: Coba Lakukan yuk, Ini 9 Olahraga Terbaik untuk Penderita Diabetes

2. Meredakan gejala flu

Susu jahe juga efektif dalam mengurangi gejala flu seperti demam, pilek, batuk, dan sakit kepala. Efek antiinflamasi dan kandungan gingerol di dalam jahe membantu mempercepat pemulihan.

3. Meningkatkan kualitas tidur

Jahe mengandung gingerol yang memiliki sifat relaksasi. Mengonsumsi susu jahe sebelum tidur dapat membantu merilekskan otot dan mengurangi kecemasan, yang pada akhirnya meningkatkan kualitas tidur Anda.

Baca Juga: 8 Manfaat Kesehatan Jeruk Nipis yang Sayang untuk Dilewatkan, Cek di Sini

4. Mengurangi mual dan mabuk perjalanan

Susu jahe efektif untuk mengatasi mual pagi hari dan gejala mabuk perjalanan karena kemampuannya menenangkan perut dan mengurangi peradangan.

Namun, ibu hamil disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi jahe, karena ada potensi risiko jika memiliki kondisi tertentu seperti riwayat keguguran atau gangguan pembekuan darah.

5. Mencegah osteoporosis

Susu jahe kaya akan mineral seperti kalsium, potassium, dan magnesium yang penting dalam memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis. Jahe juga melindungi tulang dari infeksi atau peradangan.

Baca Juga: Yuk, Konsumsi Jus untuk Menurunkan Gula Darah yang Ampuh Ini, Ada 10 Pilihan

6. Mengatasi sakit tenggorokan

Susu jahe dapat meredakan sakit tenggorokan, yang sering disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri yang menyebabkan peradangan. Sifat antiinflamasi jahe memberikan kelegaan dari ketidaknyamanan ini.

7. Mengontrol gula darah

Mengonsumsi susu jahe dapat membantu dalam mengendalikan gula darah dengan meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi rasa lapar. Ini sangat bermanfaat bagi orang dengan diabetes tipe 2, karena jahe dapat menurunkan tingkat HbA1C, trigliserida, dan insulin.

Nah, itulah beberapa khasiat susu jahe untuk kesehatan tubuh yang luar biasa. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News