Bugar

Coba Lakukan yuk, Ini 9 Olahraga Terbaik untuk Penderita Diabetes

Coba Lakukan yuk, Ini 9 Olahraga Terbaik untuk Penderita Diabetes

MOMSMONEY.ID - Olahraga dapat membantu penderita diabetes untuk mengelola gula darah dalam tubuh. Lantas, apa saja rekomendasi olahraga terbaik untuk penderita diabetes ya?

Setiap orang dianjurkan untuk berolahraga guna menjaga kesehatan tubuh. Ini tak terkecuali bagi penderita diabetes. 

MomsMoney akan menguraikan beberapa rekomendasi olahraga terbaik untuk penderita diabetes sebagai berikut, bersumber dari laman Healthline:

1. Berjalan kaki

Anda tidak perlu alat mahal atau keanggotaan gym untuk mulai berolahraga. Cukup pakai sepatu yang nyaman dan cari tempat yang aman untuk berjalan.

Jika Anda berjalan cepat selama 30 menit, lima hari seminggu, itu sudah cukup untuk menjaga kebugaran Anda. Berjalan juga bisa membantu menurunkan tekanan darah dan berat badan, serta mengontrol diabetes tipe 2.

Baca Juga: Yuk, Konsumsi Jus untuk Menurunkan Gula Darah yang Ampuh Ini, Ada 10 Pilihan

2. Bersepeda

Bagi penderita diabetes tipe 2 yang juga mengalami radang sendi, bersepeda merupakan pilihan olahraga berdampak rendah yang ideal. Olahraga ini bisa meminimalkan ketegangan pada sendi sambil membantu mencapai tujuan kebugaran Anda.

3. Berenang

Olahraga air seperti berenang dan aerobik air adalah alternatif ramah sendi lainnya. Berenang terbukti dapat menurunkan kadar gula darah dan memberikan latihan komprehensif bagi jantung, paru-paru, dan otot dengan sedikit tekanan pada sendi.

Baca Juga: 10 Penyebab Gula Darah Naik yang Sering Tak Disadari, Cek di Sini!

4. Tarian aerobik

Kelas tarian aerobik seperti Zumba bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk berolahraga. Studi menunjukkan bahwa berpartisipasi dalam kelas Zumba dapat meningkatkan motivasi dan kebugaran aerobik, serta membantu menurunkan berat badan.

5. Angkat besi

Olahraga seperti angkat besi tidak hanya membantu membangun massa otot, tetapi juga meningkatkan jumlah kalori yang Anda bakar setiap hari. Latihan kekuatan juga dikenal meningkatkan kontrol gula darah.

Baca Juga: Daftar Makanan untuk Menurunkan Gula Darah, Ada 17 Pilihan

6. Latihan resistance band

Resistance band adalah alat alternatif untuk memperkuat otot. Latihan ini dapat memberikan manfaat tambahan untuk kontrol gula darah dan merupakan cara yang efektif untuk menambah variasi dalam rutinitas kebugaran Anda.

7. Senam

Menggunakan berat badan sendiri untuk latihan senam adalah cara efektif untuk memperkuat otot. Latihan seperti push-up, sit-up, dan squat adalah komponen penting dalam meningkatkan kekuatan dan kelenturan tubuh.

Baca Juga: Layak Dicoba! Ini 6 Minuman untuk Menurunkan Gula Darah yang Ampuh

8. Pilates

Pilates dikenal memperkuat inti tubuh serta meningkatkan koordinasi dan keseimbangan. Studi menunjukkan bahwa Pilates juga bisa membantu dalam pengelolaan gula darah, terutama pada wanita dewasa yang lebih tua dengan diabetes tipe 2.

9. Yoga

Yoga tidak hanya bermanfaat untuk mengelola gula darah dan berat badan tetapi juga tekanan darah dan kualitas tidur. Yoga juga bisa meningkatkan suasana hati, yang sangat penting bagi pengelolaan diabetes tipe 2 secara keseluruhan.

Itulah beberapa rekomendasi olahraga terbaik untuk penderita diabetes. Selamat mencoba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News